Skip to content

harga minyaaaaakkk maseh jadi indiKATOR : 220909

September 22, 2009

21/09/2009 – 14:02
Minyak Butuh Bukti Recovery Ekonomi
Asteria

(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta – Harga minyak mentah jatuh untuk perdagangan hari ketiganya di New York. Hal ini terjadi atas spekulasi dibutuhkannya bukti pemulihan ekonomi global lebih lanjut, untuk mendongkrak sektor komoditas yang sepanjang tahun ini sudah naik 61%.

Indeks indikator utama pertumbuhan ekonomi AS Agustus ini, menurut hasil survei Bloomberg, akan meningkat lima bulan berturut-turut. Namun, harga minyak mentah, yang sempat mencapai level tertinggi dalam 10 bulan terakhir di US$75 per barel, pada 25 Agustus lalu, jatuh seiring penguatan dolar terhadap euro. Bangkitnya dolar mengurangi daya tarik investasi di komoditas.

“Kami sementara ini sedang mengalami range-bound,” ujar Toby Hassal, riset analis dengan penjamin komoditas Australia di Sydney, demikian dikutip dari Bloomberg, “Investor saat ini sedang mencermati fundamnetal pasar dengan spesifikasi khusus untuk minyak, dan mencari alasan penguatan harga minyak lebih lanjut.”

Harga minyak untuk pengiriman Oktober jatuh 46 sen, atau 0.6% menjadi U$$71.58 per barel, di papan elektronik NYMEX. Sedangkan pasar Jepang, India dan Singapore, serta perdagangan minyak di kebanyakan bursa Asia tutup karena libur.

Kontrak minyak Oktober yang akan berakhir besok, akhir pekan lalu jatuh 0.6% menjadi US$72.04 atas penguatan dolar. Hal ini mengurangi daya tarik komoditas yang menggunakan dolar AS. Sedangkan kontrak November, merosot 0.8% menjadi US$71.94 per barel, setelah sebelumnya diperdagangkan di angka US$71.97.

“Secara fundamental seharusnya harga minyak lebih rendah di kisaran US$65 per barel,” ujar Jonathan Barratt, direktur manager pada Commodity Broking Services Pty.

Harga kontrak minyak New York naik 38% dalam 6 bulan terakhir, seiring tumbuhnya kepercayaan investor terhadap prospek ekonomi global. Hal ini menyebabkan penguatan bursa saham dan melemahnya dolar serta mengalirnya dana ke komoditas. [E2]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: