Skip to content

2 faktor sama untuk indo dan indy : 230909

September 23, 2009

23/09/2009 – 16:10
Sektor Energi Topang Bursa Australia
Vina Ramitha

(istemewa)
INILAH.COM, Canberra – Berkat sektor energi, bursa Australia makin bergairah. Terjadi kenaikan hingga 50% dari titik terendah mereka pada Maret lalu.

Bursa Australia pada perdagangan Rabu (23/9) ditutup di level 4.734,1, atau naik 70,40 poin (1,5%). Kenaikan ini ditopang naiknya harga tembaga dan minyak yang menyebabkan perusahaan seperti Woodside Petroleum membukukan angka positif.

“Sektor sumber daya alam meroket, yang diimbangi dengan jatuhnya dolar AS. Sehingga harga komoditas naik,” Fund Manager MM&E Capital, Tom Elliott. Ia berharap pemulihan ekonomi menulari sektor perbankan dan peritel.

Dua hari sebelumnya, indeks Australia sempat jeblok hingga 0,6%. Sementara krisis ekonomi menyebabkan bursa anjlok hingga 50% dan telah mencapai titik terendahnya pada Maret 2009 lalu.

“Ini gabungan optimisme pertumbuhan global dan harga komoditas yang menguat, sangat baik untuk Australia,” pungkasnya. Diharapkan pula, beberapa perusahaan bisa ikut menyedot keuntungan agar bisa membayar utang mereka.

Sedangkan bursa Selandia Baru naik 0,2% karena pemerintah melaporkan negara tersebut telah bangkit dari resesi. Pertumbuhan GDP, yang merupakan kejutan, mengantarkan dolar AS pada titik terendahnya selama 13 tahun belakangan ini terhadap mata uang Selandia Baru.[Vin/E2]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: