Skip to content

indy saat awal taon 2009

September 23, 2009

Bali Securities: Ambil untung SMGR, beli INDY
Tue, 01/13/2009 – 09:11 by Yani
Etrading
JAKARTA: Saham Semen Gresik (SMGR) direkomendasikan untuk take profit (ambil untung) hari ini, sedangkan saham Indika Energy (INDY) beli karena kemungkinan harga naik lagi terbuka lebar dalam beberapa hari ini.

Riset analis Bali Securities Ketut Tri Bayuna mengatakan secara teknikal saham SMGR untuk jangka panjang berpotensi naik harga (bullish), namun untuk perdagangan hari ini disarankan untuk take profit. Sudah ada indikasi profit taking, indikasi bullish akan terhenti sementara dan konsolidasi.

“Momentum analisis sudah pada kondisi overbought,analisis trend jangka panjang masih trend bullish. Long term trend masih akan berlanjut untuk saham SMGR,” kata Ketut.

Untuk saham INDY, Ketut merekomendasikan untuk beli, harga akan sideways dalam jangka pendek. Namun ada indikasi peningkatan akumulasi saham oleh investor karena harga pada bottom (sudah di bawah), kemungkinan untuk naik lagi dalam beberapa hari lagi.

“Momentum analisis belum pada kondisi overbought, harga akan naik sampai pada kondisi overbought atau menyentuh resistant,” tutur Ketut.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) kemarin ditutup turun 10 poin atau minus 0,71% ke posisi 1.406,55 karena sentimen negatif dan global yang hampir semuanya mengalami penurunan. Investor dan pengamat masih khawatir terhadap perkembangan ekonomi dunia yang masih belum membaik. Kemarin Indeks Hang seng turun 2,83%, Shanghai turun 0,24%, indeks Strait Times turun 1,65%, indeks Dow Jones turun 1,46% sementara indeks Nikkei libur.

Bursa Asia juga mengalami tekanan jual cukup tinggi selama beberapa hari ini karena indikasi nilai ekspor kawasan yang menurun terus dan belum dipastikan kapan akan membaik.

Ketut menambahkan IHSG mengalami koreksi pada saham-saham pertambangan mineral dan saham pertambangan batu bara seperti ITMG, PTBA, sementara saham BUMI kembali kena autorejection bawah. Sementara saham INDY dan ADRO mengalami penguatan menjelang penutupan terlebih karena faktor teknikal yang sudah sangat oversold. Saham-saham perbankan mengalami penurunan karena imbas sentimen negatif perbankan global yang beberapa hari ini negatif, namun saham BBRI dan BDMN masih menguat kemarin.

Saham-saham dalam negeri masih mix disaat saham-saham global mengalami koreksi kemarin. Indeks bursa Amerika mengalami tekanan jual yang cukup tinggi akibat sentimen data angka pengangguran yang naik pada periode December. Angka penganguran ini merupakan angka pengangguran tertinggi sejak tahun 1993 sehingga membuat investor sangat khawatir terhadap ekonomi Amerika. Walaupun demikian prediksi pengamat masih optimis dalam jangka pendek karena usaha-usaha dari pemerintah Amerika dan pesan-pesan dan semangat yang diutarakan oleh Presiden terpilih Barack Obama.

Ketut menyatakan investor dianjurkan tidak terlalu fokus pada situasi ekonomi Amerika dan Eropa yang memang sangat buruk, namun lebih fokus pada indikasi pemulihan ekonomi dan insentif dari dalam negeri untuk menggerakkan dunia usaha di dalam negeri. Ekonomi Indonesia dan bursa dalam negeri kemungkian akan di couple dengan negara-negara maju karena faktor fundamental yang berbeda dengan negara-negara maju. Namun demikian investor tetap harus waspada karena ada beberapa sektor akan tidak berkembang sementara sektor lain akan defensif dan malah ada yang masih tumbuh baik.

“Untuk itu perlu sekali memasukan saham-saham tersebut dalam portfolio saham-saham yang berpotensi gain besar dengan horizon jangka panjang pada saham-saham yang sudah bottom pada saat ini selain memasukkan saham-saham blue chip dengan horizon jangka pendek,” ujar Ketut.(eTrading Securities, Online Stock Trading Gallery)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: