Skip to content

indy diayun isu global : 240909

September 24, 2009

Kamis, 24/09/2009 07:07 WIB

BISNIS-27 menguat 1,97%

oleh : Lahyanto Nadie

JAKARTA (bisnis.com): Selama sepekan menjelang libur panjang Idulfitri, indeks BISNIS-27 bergerak menguat mencapai level tertinggi baru ke level 221,21, naik 1,97% dari posisi penutupan pekan sebelumnya pada Jumat (11/9) yang berada di level 216,94.

Penguatan indeks BISNIS-27 didominasi oleh saham tambang dan industri dasar khususnya semen. Pada awal pekan, indeks terkoreksi sebesar 1,54% ditekan aksi profit taking dari kenaikan pekan sebelumnya yang tumbuh 6,06%.

Volume transaksi pada awal pekan sebanyak 438 juta lembar yang kemudian menyusut pada hari kedua menjadi sebanyak 413 juta lembar. Namun, volume transaksi segera melonjak 85,89% dalam 2 hari terakhir menjadi sebesar 768 juta lembar saham pada Kamis.

Saham PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) membukukan kenaikan tertinggi pada pekan lalu yaitu 7,92%, diikuti saham Semen Gresik Tbk (SMGR) sebesar 5,79%, saham Indika Energy Tbk (INDY) sebesar 5,15%, saham Aneka Tambang Tbk (ANTM) sebesar 5,1% dan saham Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) sebesar 3,58%.

Ekspektasi membaiknya perekonomian Amerika Serikat (AS) dan global mendorong investor untuk meninggalkan dolar AS sebagai “safe heaven” yang berimbal hasil rendah, dan mencari investasi yang menawarkan return lebih tinggi.

… carry trades juga terjadi di indo bo …

Kawasan emerging market seperti Indonesia menjadi salah satu sasaran yang dibidik investor. Pembelian bersih investor asing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama sepekan kemarin tercatat sebesar Rp254 miliar atau melanjutkan tren aksi beli investor asing sejak sepekan sebelumnya. Pembelian bersih tersebut berimbas menguatnya rupiah terhadap dolar AS sebesar 2,58% sejak Selasa hingga Kamis pekan kemarin ke level Rp9.705 per dolar AS. (Harry Setiadi Utomo, analis Bisnis Indonesia Intelligence Unit)

bisnis.com

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: