Skip to content

kok suka harga minyak naek … : 061009

Oktober 6, 2009

06/10/2009 – 05:20
Hore! Minyak Tembus US$ 70
Mosi Retnani Fajarwati

(istemewa)
INILAH.COM, New York – Harga minyak terkerek naik menembus level diatas US$ 70 per barel pada perdagangan Senin (6/10), oleh penguatan pasar modal dan lemahnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS).

Harga minyak untuk kontrak November naik 46 sen ke US$ 70,41 per barel berdasar New York Mercantile Exchange.

Pekan lalu, data ekonomi menekan harga minyak. Data ekonomi AS yang terparah adalah manufaktur dan jumlah pengangguran yang meningkat mejadi 9,8% dibulan September, level tertinggi sejak 1983. Dan pekan ini akan muncul data kinerja perusahaan-perusahaan untuk kuartal III yang bisa menjadi petunjuk seberapa sehat ekonomi AS.

Sebelumnya, Federal Reserve Chairman Ben Bernanke menyatakan, kendati secara teknis resesi mulai pulih namun perekonomian AS belum stabil. Beberapa analis mempercayai pernyataanya.

Pasar minyak juga tergelincir oleh suasana politik Nigeria, dimana pemimpin pemberontak menerima amnesti pemerintah karena menyerahkan diri. Pemberontakan yang terjadi di negara tersebut telah memicu berkurangnya produksi minyak dalam beberapa juta barel per hari. Hal ini membuat Angola menjadi produsen minyak Afrika tertinggi.

Para trader akan fokus pada pendapatan perusahaan kuartal III, terutama pada produsen alumunium Alcoa Inc., PepsiCo Inc., dan Marriot International Inc.

Pada perdagangan Nymex, minyak cair turun 0,52 sen ke US$ 1,79 per galon dan gasolin untuk kontrak November naik 1,3 sen ke US$ 1,75 per galon. Harga gas alam untuk kontrak November naik 26,9 sen ke US$ 4,99 per 1.000 kaki kubik.

Di London, harga Brent turun 3 sen ke US$ 68,04 per barel pada ICE Futures.[mre]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: