Skip to content

FAVORIT BARU di berau coal … : 151009

Oktober 15, 2009

Mining: Recapital Berpeluang Kuasai Berau

Recapital Advisors menyatakan perusahaan berpeluang memenangi penjualan 90% saham PT Berau Coal senilai US$1,4-US$1,5 miliar atau Rp13,59 triliun terkait harga penawarannya lebih tinggi dibanding calon lainnya termasuk INDY. Recapital juga memastikan tidak ada share swap dengan saham BUMI terkait akuisisi tersebut.

Kamis, 15/10/2009 03:56 WIB

Recapital berpeluang kuasai Berau
IPO diupayakan pada akhir tahun ini

oleh :

JAKARTA: Recapital Advisors menyatakan berpeluang memenangi tender akuisisi hingga 90% saham PT Berau Coal senilai US$1,4 miliar-US$1,45 miliar atau setara dengan Rp13,59 triliun.

“Recapital berpeluang menang, Insya Allah,” ujar CEO Recapital Rosan Perkasa Roeslani kepada Bisnis kemarin.

Recapital adalah calon pembeli Berau yang bernegosiasi secara intensif setelah Indika. Harga yang disodorkan oleh Recapital merupakan yang tertinggi bila dibandingkan dengan penawaran dari calon pembeli lain. I

PT Indika Energy Tbk memasukkan harga US$1,15 miliar, sedangkan PT Quattro Inti Investama, perusahaan kendaraan yang dipakai oleh pengusaha asal Surabaya, Kentjana Widjaja, menawar Berau US$1,2 miliar.

Sumber Bisnis mengungkapkan negosiasi yang intensif antara Recapital dan Rizal segera difinalisasi dalam waktu dekat. “Negosiasi masih berlangsung dan kemungkinan bisa segera difinalkan,” ujarnya .

Meski begitu, Rosan menolak menjelaskan soal harga penawaran yang diajukan Recapital. Dia juga memastikan tidak ada share swap dengan saham PT Bumi Resources Tbk dalam transaksi ini.

Namun, sumber itu menjelaskan untuk melunasi transaksi itu, Recapital mengusulkan kombinasi antara tunai dan pertukaran saham. “Ada kabar saham PT Bumi Resources Tbk digunakan sebagai pertukaran.”

Di belakang Recapital, tuturnya, kemungkinan besar Bumi yang didukung oleh pembiayaan dari China Investment Corporation. Namun, Rosan selalu mengelak ketika ditanya adanya dukungan dari Bumi.

“Recapital tidak menghadapi masalah chain listing, meski Bumi berperan utama mengakuisisi Berau,” kata sumber itu.

Diumumkan pekan depan

Presiden Direktur Berau Coal Bob Kamandanu mengungkapkan pemilik Berau memutuskan calon pemenang tender pembelian perusahaan tambang batu bara dengan produksi terbesar kelima di Indonesia itu pada pekan depan.

Menurut dia, ada beberapa perusahaan yang sedang diseleksi oleh pemegang saham Berau. “Pekan depan kami memberi pengumuman mengenai pemenang.” (12) (bambang.jatmiko@bisnis. co.id/munir.haikal@bisnis.co.id/wisnu.wijaya@bisnis.co.id)

Oleh Bambang P. Jatmiko, M. Munir Haikal & Wisnu Wijaya

Bisnis Indonesia

bisnis.com

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: