Skip to content

maju lah pertambangan indo … : 171009

Oktober 17, 2009

EKONOMI
16/10/2009 – 17:43
Pengusaha Tambang Ingin Dilibatkan Bahas 100 Hari SBY-Boediono
Makarius Paru

(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta – Para pelaku usaha pertambangan ingin terlibat dalam penyusunan program 100 hari SBY-Boediono untuk memberi masukan di sektor tambang.

“Salah satu kesimpulan yang akan direkomendasikan ke pemerintah dari konferensi ini, pengusaha tambang ingin masuk dalam program 100 hari kabinet baru, sehingga bisa memberikan masukan akan masalah apa saja di sektor ini,” ujar Direktur Executive Asosiasi Pertambangan Indonesia (IMA), Priyo Pribadi Soemarno di Jakarta Expo Kemayoran, Jumat (16/10).

Menurutnya, yang menjadi sumber keprihatinan perusahaan tambang adalah soal tidak meningkatnya geliat investasi di sektor ini. “Sejak beberapa tahun terakhir investasi tambang tidak pernah beranjak dari nilai US$1 miliar. Kita ingin sampaikan apa masalahnya,” jelasnya.

Ia melanjutkan pengusaha tambang yakin investasi di sektor ini akan melejit bila pengusaha dan pemerintah bisa duduk bersama untuk membahas apa persoalan yang tengah terjadi. “Kita bisa bersama-sama mencarikan jalan keluar. Saya optimis dalam 100 hari kabinet SBY-Boediono investasi yang hanya US$1 miliar, bisa segera melejit sampai US$6 miliar. Itu kalau masalah-masalah penghambat bisa segera diatasi,” tegasnya.

Adapun beberapa masukan yang dapat disampaikan perusahaan tambang lewat IMA adalah agar pemerintah segera mengeluarkan izin eksplorasi kepada perusahaan yang sudah melakukan feasibilities study (FS).

Selain itu, perusahaan yang sudah melakukan FS, harus menjadi prioritas pemerintahan baru dalam mengeluarkan izin usaha dan eksplorasi. Dengan demikian investasi akan meningkat dengan cepat.

Ia menjelaskan adapun beberapa perusahaan tambang yang sudah melakukan FS dan harus segera mendapat restu pemerintah adalah tambang milik PT Dairi Prima Mineral, PT Rio Tinto, dan juga PT Mearest Soputan Mining. [cms]

16/10/2009 – 16:45
Pengusaha Tambang Minta 22 PP Minerba Segera Diselesaikan
Makarius Paru

(istemewa)
INILAH.COM, Jakarta – Indonesian Mining Association (IMA) meminta pemerintah segera menyelesaikan penyusunan 22 Peraturan Pemerintah (PP) Mineral Batubara dan Panas Bumi (Minerba).

Hal itu dikatakan Direktur IMA Priyo Pribadi Soemarno di Jakarta Expo, Kemayoran, Jumat (16/10). “Pemerintah harus segera menuntaskan penyusunan 22 PP Minerba, saat ini yang sudah mendekati tahap akhir hanya 4 PP saja sehingga masih membutuhkan 18 PP lagi,” jelasnya.

Adapun persoalan yang perlu diperjelas lagi dalam PP tambahannya adalah menyangkut kewajiban perusahaan tambang untuk mengelolah hasil tambangnya oleh pabrik pengolahan (smelter) dalam negeri. “Hanya perusahaan yang bisa memperoleh nilai keekonomian saja yang bisa membangun smelter, sementara perusahaan KP lain akan sangat sulit membangun selain karena kekurangan pendanaan, kurangan cadangan tambang adalah persoaln lainnya,” jelas Priyo. [hid]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: