Skip to content

minyak 90, indy … : 191009

Oktober 19, 2009

Minggu, 18/10/2009 14:15 WIB
Harga Minyak Bisa Tembus US$ 90
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

(foto: Reuters) Jakarta – Tren kenaikan harga minyak dunia yang terjadi dalam 10 hari terakhir diperkirakan akan terus terjadi sampai akhir tahun 2009. Puncak kenaikan diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2009, yang mencapai ke angka US$ 90 per barel.

“Kenaikan harga minyak akan mencapai level US$ 90 per barel sampai Desember 2009. Selain permintaan yang meningkat saat musim dingin tiba, kenaikan minyak bumi juga disebabkan oleh pelemahan kurs dollar Amerika Serikat,” ujar Pengamat perminyakan Kurtubi kepada detikfinance Minggu (18/10/2009).

Menurut Kurtubi, saat ini memang sedang terjadi tren penurunan harga minyak. Namun itu dinilai wajar dan merupakan aksi ambil untung semata. “Akan ada penurunan sedikit dari harga minyak dunia dalam sepekan depan, karena adanya aksi profit taking. Harga bisa kembali ke US$ 75 per barel,” kata Kurtubi.

Data WTI (West Texas Intermediate) terakhir, harga minyak sudah berada di level US$ 78,53 per barel. Dalam sepekan kedepan, lanjut Kurtubi, harga akan terdepresiasi, karena aksi ambil untung dari pelaku pasar.

Kurtubi menerangkan, penurunan harga minyak dunia hanya aksi ambil untuk sementara dari para investor. Hal ini didasarkan atas pertimbangan mereka, bahwa harga yang ada saat ini merupakan batas tertinggi. Setelah aksi dilakukan, tren kenaikan akan terus terjadi sampai akhir tahun 2009.

“Penurunan ini tidak akan merubah tren kenaikan minyak bumi yang ada. Terlebih di akhir tahun, permintaan minyak akan meningkat, karena di dunia sedang menghadapi winter (musim dingin). Hingga perlu banyak energi,” tambah kurtubi.

Selain itu, kondisi pemulihan ekonomi dunia yang sedang berjalan pun menjadi muasal naiknya minyak dunia. “Pemulihan ekonomi dunia mulai tampak hasilnya. Ini menjadikan permintaan akan minyak terus meningkat. Tren kenaikan ada terjadi sampai triwulan I-2010,” imbuhnya.

(dro/dro)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: