Skip to content

indy dengan b+, lumayan dah … 221009

Oktober 22, 2009

Fitch Naikkan Peringkat Indika ke ‘B+’
Rabu, 21 Oktober 2009 – 16:28 wib
TEXT SIZE :
Nurfajri Budi Nugroho – Okezone

(indikaenergy.com)
JAKARTA – Fitch Ratings menaikkan peringkat jangka panjang mata uang asing dan mata uang lokal (Issuer Default Ratings/IDR) PT Indika Energy Tbk (Indika) ke ‘B+’ dari ‘B’. Prospek peringkat tersebut adalah “Stabil”.

Fitch juga menaikkan peringkat obligasi senior USD250 juta yang akan jatuh tempo pada tahun 2012 yang diterbitkan oleh Indo Integrated Energy BV dan dijamin Indika dan anak perusahaannya, PT Indika Inti Corpindo (IIC) yang dimilikinya 100 persen.

Pada saat yang sama, Fitch juga menetapkan peringkat ekspektasi ‘B+’ terhadap rencana penerbitan obligasi senior USD dengan bunga tetap yang akan diterbitkan oleh Indo Integrated Energy II BV dan dijamin oleh Indika dan IIC.

“Peringkat ekspektasi tersebut masih tergantung dari diterimanya dokumentasi akhir yang akan mengkonfirmasi informasi yang telah diterima sebelumnya,” sebut Fitch melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/10/2009).

Kenaikan peringkat tersebut mencerminkan peningkatan dividen yang cukup signifikan dari PT Kideco Jaya Agung (Kideco) –produsen batu bara ketiga terbesar di Indonesia, perusahaan asosiasi yang 46 persen sahamnya dimiliki Indika –, dari USD90 juta di tahun 2007 (dibayarkan di 2008) menjadi USD210 juta di tahun 2008 (dibayarkan di 2009).

Fitch memperkirakan dividen akan tetap tinggi dan stabil didukung oleh harga batu bara yang tinggi saat ini dan juga rencana Kideco untuk meningkatkan produksi ke-31 juta ton metric (MT) pada tahun 2011 (2008: 22 juta MT).

Namun demikian, peringkat Indika tetap dibatasi oleh statusnya sebagai perusahaan induk yang memperoleh sebagian besar arus kasnya dari dividen oleh Kideco. Pembatasan tersebut dapat dimitigasi dengan adanya perjanjian di antara para pemegang saham Kideco yang memastikan bahwa seluruh arus kas bebas Kideco akan didistribusikan sebagai dividen serta posisi keuangan Kideco yang tidak memiliki utang.

Kenaikan peringkat tersebut juga mempertimbangkan akuisisi perusahaan terhadap PT Petrosea Tbk (Petrosea), yang bergerak di bidang kontraktor rekayasa dan konstruksi dengan kemampuan menambang yang melengkapi bisnis Indika.(jri)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: