Skip to content

imbal hasil 9,75% untuk obligasi dolar indy … 291009

Oktober 29, 2009

Kamis, 29/10/2009 16:47 WIB

Indika tetapkan imbal hasil obligasi US$230 juta

oleh : Pudji Lestari

JAKARTA (bisnis.com): PT Indika Energy Tbk melalui anak usahanya Indo Integrated Energy II BV menetapkan imbal hasil surat utang senilai US$230 juta yang diterbitkannya sebesar 9,75%.

Seorang eksekutif yang mengetahui soal transaksi ini mengatakan lawatan telah selesai. “Dan perseroan menetapkan imbal hasil sebesar 9,75% untuk obligasi berjangka waktu 7 tahun atau jatuh tempo pada 2016 itu,” tuturnya hari ini.

Surat utang itu baru dapat dibeli kembali mulai 2013. Dalam penerbitan surat utang ini, Indika dibantu oleh Citigroup Inc. Obligasi ini dijamin oleh Indika Energy dan anak perusahaan lainnya yakni PT Indika Inti Corpindo.

Perseroan akan menggunakan dana hasil emisi untuk membantu ekspansi termasuk untuk pengembangan anak usaha yang baru diakuisisinya PT Petrosea Tbk.

Obligasi ini merupakan yang kedua diterbitkan oleh Indo Integrated setelah sebelumnya unit usaha Indika itu mengeluarkan obligasi senilai US$250 juta dengan bunga 8,5% per tahun pada April 2007. Kala itu, emisi surat utang berjangka waktu 5 tahun itu dibantu oleh ING dan JP Morgan Securities.

Fitch Ratings pada pekan lalu menetapkan peringkat ekspektasi B+ terhadap rencana penerbitan obligasi Indo Integrated Energy II. Pada saat yang sama, lembaga pemeringkat utang internasional itu menaikkan peringkat jangka panjang mata uang asing dan mata uang lokal Indika Energy dari B menjadi B+ dengan prospek stabil.

Fitch juga menaikkan peringkat obligasi senior US$250 juta yang jatuh tempo pada 2012. Harga saham Indika yang berkode INDY ini ditutup naik 1,18% atau Rp25 ke level Rp2.150 pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia sore ini. (tw)

bisnis.com

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: