Skip to content

otak bhp = otak ZIGZAG … 251109

November 25, 2009

BHP Billiton Siap Lepas Tambang Maruwai Seluruhnya
Selasa, 24 November 2009 | 19:16 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – BHP Billiton menyiapkan dua opsi untuk melepas tujuh konsesi tambang batu bara Maruwai Maruwai di Kalimantan Timur dan Tengah. “Ada dua opsi komersial, yaitu menjual seluruhnya atau menjual sebagian melalui joint venture,” ujar Manager Hubungan Eksternal BHP Billiton Indra Diananjaya ketika dihubungi dari Jakarta, Selasa (24/11).

Beberapa perusahaan telah menyatakan keinginannya untuk masuk dalam proyek tersebut. “Tapi saya tidak bisa menyebutkan nama-namanya,” katanya. Perusahaan juga masih memiliki opsi untuk menghentikan seluruh kegiatannya di Indonesia jika memang tidak terjadi keputusan yang sesuai dengan strategi perusahaan.

“Tapi sejauh ini kami belum ada keputusan untuk menghentikan penjualan tujuh konsesi Maruwai,” ujar Indra. Perusahaan belum memberikan pemberitahuan resmi kepada pemerintah soal opsi itu. “Tapi kami terus berbicara informal dengan mereka,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Bambang Setiawan mengatakan, BHP Billiton masih berkeinginan untuk menguasai saham mayoritas. Rencananya akhir tahun ini perusahaan akan mengatakan siapa mitra joint venture tersebut. Sekitar sembilan perusahaan telah menyatakan minatnya, salah satunya PT Aneka Tambang Tbk.

Dihubungi secara terpisah, Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Witoro Soelarno mengatakan keinginan BHP Billiton untuk melanjutkan proyek Maruwai sangat positif bagi iklim investasi.

SORTA TOBING

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: