Skip to content

tambang asia penuh ekspektasi … 261109

November 26, 2009

25/11/2009 – 22:49
Emiten Tambang-Otomotif Pimpin Bursa Asia
Asteria

INILAH.COM, Jakarta – Bursa Asia menguat, dipimpin perusahaan tambang dan otomotif, setelah bank sentral Australia menyatakan perekonomian menguat dan data ekspor Jepang melampaui estimasi.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 1,3% menjadi 118,25. Indikator ini telah naik 67% dari level terendahnya dalam 5 tahun terakhir pada 9 Maret lalu di tengah pengucuran dana stimulus pemerintah untuk mendongkrak ekonomi global.

“Asia akan mengalami pertumbuhan lebih tinggi daripada kawasan lain tahun depan,” ujar Christian Jin, Fund Manager HI Asset Management Co. di Seoul, yang mengelola aset senilai US$7,8 miliar. “Permintaan domestik bagus dan ekspor akan medorong ekonomi membaik.”

Salah satu sentimen pendongkrak bursa Asia adalah data ekspor Jepang September kemarin yang anjlok 30,7% dari tahun lalu, angka terendah dalam 10 bulan atau lebih baik dari Agustus yang merosot 36%. Kondisi ini terkait pengeluaran stimulus Cina yang menyeret permintaan untuk mobil nasional dan peralatan mesin.

Ekspor ke Cina, pasar terbesar Jepang, anjlok 13,8%, setengah dari laju bulan lalu. Pihak China menyebutkan bahwa ekonomi melaju cepat tahun ini pada kuartal lalu dan pertumbuhan mendorong penjualan untuk industri manufaktur Jepang termasuk Mazda Motor Corp. dan Komatsu Ltd.

Indeks Nikkei 225 pun naik 40,06 poin (0,4%) menjadi 9.441,64. Indeks Topix naik 4,07 poin (0,5%) menjadi 833,29. Sedangkan indeks Nikkei 225 futures untuk Desember ditutup naik 60 poin (0,6%) ke 9.450 di Osaka Securities Exchange.

Fund Manager Samena Capital, Celia Farnon memprediksikan, rally bursa akan berlangsung singkat. “Pasar mungkin akan melemah dalam beberapa bulan ke depan. Terimbas kekhawatiran atas saham toxic (saham berbahaya),” ujarnya.

Saham produsen mobil seperti Toyota Motor naik 1,2% setelah anjlok empat hari berturut-turut, dan Honda Motor naik 2,6%, penguatan pertama sejak 12 November.

Penguatan bursa agak tertahan akibat anjloknya saham real estate, setelah pengembang kondominium besar Konstruksi Anabuki menyatakan bangkrut. Alhasil, saham Anabuki Kosan jatuh 7,7%. Daikyo juga turun 2,9% dan Nomura Real Estate Holdings Inc. jatuh 3,2%.

Indeks S&P/ASX 200 di Australia naik 0,8%, setelah Ric Battellino, deputi gubernur bank sentral Australia (RBA) mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi negara kanguru tersebut lebih baik dari ekspektasi.

BHP Billiton Ltd, perusahaan tambang terbesar dunia naik 2,4% di Sydney atas optimisme naiknya permintaan logam dan saham Fortescue Metals Group Ltd, produsen bijih besi terbesar ketiga Australia naik 2,9%.

Sedangkan bursa saham China rebound, dengan Indeks Shanghai naik 66,64 poin (2,1%) menjadi 3.290,17 dan indeks Shenzhen naik 39,16 poin (3,3%) ke 1.214,24. Indeks menguat, setelah sebelumnya terpuruk 3,5%, penurunan sehari terbesar dalam tiga bulan.

Koreksi ini terjadi, menyusul aksi regulator perbankan China yang mengeluarkan peringatan keras kepada bank untuk menyesuaikan persyaratan kelayakan modalnya. UBS pun menyatakan dalam risetnya, perbankan China akan meningkatkan modal menjadi CNY247 miliar pada 2010.

Saat ini investor mencermati kemungkinan pengetatan kebijakan moneter menjelang konferensi perencanaan ekonomi yang akan diselenggarakan akhir November. Pertemuan tahunan biasanya menghasilkan cetak biru untuk rencana ekonomi tahun berikutnya.

Penguatan di bura China berhasil mengangkat indeks Hang Seng di Hong Kong. Indeks Hang Seng naik 188,66 poin (0,8%) ke 22,611.80, dengan volume pasar naik menjadi HK$79,40 miliar.

Bargain hunting di perusahaan properti lokal mendorong sektor properti Hong Kong naik 1,8% ke 27,759.64 setelah jatuh 1,5% di sesi sebelumnya. Saham Henderson Land naik 3,5% dan Sino Land naik 3,3% .

Goldman Sachs menuturkan, kekhawatiran atas rencana penggalangan dana bank China akan membebani sektor ini dalam jangka pendek. Mereka memperkirakan butuh waktu bagi regulator dan pemegang saham negara seperti Central Huijin dan Departemen Keuangan untuk membahas beberapa isu-isu “Terutama sebelum mencapai kesimpulan pada jumlah dan waktu atas peningkatan modal dari bank-bank ini,” katanya.

Penguatan juga terjadi di bursa Korea, dimana indeks Kospi naik 5,46 poin (0,3%) ke level 1.611,88. Pemain asing menjual net saham KRW89,8 miliar, sementara investor lokal menjadi net buyer masing-masing KRW81,5 miliar dan KRW12,1 miliar.

Saham LG Household & Health Care, produsen kosmetik terbesar kedua Korsel sebesar naik 5,2% ke KRW283, 000. Hal ini terjadi seiring kesepakatan pembelian 90% saham di perusahaan kosmetik Thefaceshopkorea senilai KRW420 miliar, termasuk 70,2% saham dari Affinity Equity Partners.

Tekanan dari sektor perbankan, dimana kerugian bank terus berlanjut atas reshuffling portofolio, menyebabkan saham seperti KB Financial Group turun 1,8% dan Hana Financial Group turun 1,7% . Namun, penjualan blok atas 7% saham di Woori Finance Holdings oleh Korea Deposit Insurance Corp., telah mengangkat emiten ini 0,3%. [mdr]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: