Skip to content

indy di luar jangkauan berau coal, akhirnya … 301109

November 29, 2009

Senin, 30/11/2009 01:30 WIB

Recapital akuisisi Berau US$1,5 miliar

oleh : M. Munir Haikal

JAKARTA (Bisnis.com): Recapital Advisors telah menyepakati transaksi pembelian 90% saham PT Berau Coal dengan pemiliknya Rizal Risjad senilai US$1,5 miliar.

“Keseluruhan transaksi termasuk serah terima saham direncanakan tuntas sebelum 29 Desember,” ujar Sumber Bisnis tadi malam.

Dia mengungkapkan sales and purchase agreement antara para pihak yang bertransaksi telah ditandatangani dengan kesepakatan harga US$1,5 miliar.

CEO Recapital Rosan Perkasa Roslani ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kesepakatan transaksi akuisisi 90% saham Berau.

“Kami tidak bisa menyatakan harganya karena terkait dengan kerahasiaan. Tetapi transaksi ini adalah salah satu yang terbesar dan menantang dan berhasil kami lakukan,” paparnya tadi malam.

Pemilik Berau telah menggelar negosiasi yang intensif dengan PT Indika Energy Tbk untuk menaikkan harga penawaran sehingga bisa melampaui harga yang diajukan oleh Recapital.

Semula, sumber Bisnis mengungkapkan penawaran yang diajukan oleh Recapital mencapai US$1,4 miliar tetapi disertai dengan mekanisme share swap dengan salah satu emiten yang ada di bursa.

Namun, Rosan memastikan tidak ada mekanisme share swap dalam pembelian Berau. “Kami membayar tunai.” Recapital mengajukan penawaran yang tertinggi mencapai kisaran US$1,4 miliar untuk mengakuisisi saham Berau Coal. Recapital bersaing dengan Banpu PLC Thailand, PT Quattro Inti Investama, dan Konsorsium PT Indika Inti Energy Tbk. Konsorsium Indika terdiri dari Korea Electric Power Corporation (Kepco) dan Capital Goup Companies.

Sedangkan Quattro merupakan perwakilan dari pengusaha asal Surabaya Kentjana Widjaja dan Grup Daesang. Sebanyak 51% saham Berau dimiliki oleh PT Armadian Tritunggal, perusahaan yang hampir seluruhnya dikuasai oleh Rizal melalui PT Risco, Rognar Holding B.V. memiliki 30% saham, dan selebihnya Sojitz Corp. Jepang.

Rata-rata produksi batu bara Berau, yang mempunyai kalori 5.000-5.800 kcal, sebesar 20 juta ton per tahun dengan luas konsesi di atas 100.000 ha di Kalimantan Timur. Namun, Berau Coal hanya memproduksi 13,1 juta ton batu bara pada tahun lalu.(mmh)

bisnis.com

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: