Skip to content

keyakinan tinggi atas ekspor batu item indo 2010… 070110

Januari 7, 2010

Ekspor Batubara Bisa Tembus 215 Juta Ton Pada 2010
06 Januari 2010 | 22:41 WIB

Supriatna Suhala
Abraham Lagaligo
abraham@majalahtambang.com

Jakarta – TAMBANG. Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia – Indonesian Coal Mining Association (APBI – ICMA), Supriatna Suhala memperkirakan, kenaikan produksi batubara Indonesia tahun 2010 jauh lebih tinggi dari target pemerintah 250 juta ton per tahun.

Menurutnya produksi batubara Indonesia bakal menyentuh angka 270 juta – 280 juta ton pada 2010. Sedangkan ekspor batubara bisa menyentuh angka 210 juta – 215 juta ton per tahun, jauh lebih tinggi dari target pemerintah sebesar 175 juta ton.

Supriatna mengatakan, kenaikan jumlah produksi itu terdorong oleh kebangkitan ekonomi tiga negara importir utama batubara Indonesia. Yakni Taiwan, Korea, dan Jepang. Disamping itu, dua negara lainnya yakni India dan China, tetap membutuhkan pasokan batubara dalam jumlah besar.

Puluhan power plant (pembangkit listrik) yang termasuk crash program 50.000 MW di India sudah terselesaikan, namun belum mendapatkan pasokan batubara yang memadai. Belum lagi permintaan domestik menyusul terselesaikannya beberapa PLTU 10.000 MW Tahap pertama.

Diantaranya PLTU Labuan – Banten, PLTU Rembang – Jawa Tengah, dan PLTU Indramayu – Jawa Barat. Pada 2010 kemungkinan ada sejumlah PLTU 10.000 MW berkapasitas total 3.000 MW akan menunggu pasokan batubara.

”Jadi pada 2010 ini India sangat ’lapar’ akan batubara,” tandas Supriatna kepada Majalah TAMBANG, Selasa, 5 Januari 2010.

Belum lagi Rusia yang juga memesan batubara Indonesia. Sedangkan permintaan dari China masih tertahan, mengingat Negeri Tirai Bambu itu mampu memasok sendiri sebagian kebutuhan batubaranya. Meski demikian angkanya akan tetap di atas India.

Dengan kondisi itu, bisa jadi ekspor terdongkrak ke angka 210 juta – 215 juta ton pada 2010. Lima besar importir batubara Indonesia adalah Jepang, Korea, China, India, dan Taiwan.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: