Skip to content

pln dan berau coal, lage nego … 130110

Januari 13, 2010

13/01/2010 – 09:56
PLN Renego Harga Batubara dengan Pemasok
Makarius Paru

INILAH.COM, Jakarta – Direktur Energy Primer PT PLN (Persero), Nur Pamudji, mengatakan, saat ini pihaknya tengah berusaha merenego harga batubara dengan perusahaan pemasok, diantaranya Adaro, Kideko, BA, Arutmin dan Berau coal.

“PLN saat ini sedang melakukan negosiasi ulang harga batubara dari pemasok yaitu Adaro, Kideko, BA, Arutmin dan Berau. Sampai saat ini masih belum deal, masih negosiasi,” kata Nur Pamuji di Jakarta, Rabu (13/1).

Tim negosiasi PLN menghendakai agar semua pihak mengikuti harga batubara sesuai dengan harga acuan batubara yang dikeluarkan oleh dirjen minerbapabum,tinggal dihitung berapa discounnya. “Itu yang kita inginkan,” katanya.

Dari dirjen ada penjelasan bahwa harga acuan batubara merupakan harga ekspor terendah. Ketentuan dalam kontrak PKP2B harga domestik harus lebih rendah dari harga ekspor terendah. Selain itu ada surat edaran dirjen bahwa harga batubara itu harus ditinjau setiap tahunnya.

kalau ini jadi ketentuan maka yang akan kita nego tiap tahun. Jadi pertanyaan apa ini bisa jadi basis legalitas nego ulang. Kita ikut ketentuan pemerintah. Selama ini acuan harga batubara tidak seragam ada yang hanya ICI, harga barlow jonker, atau platts.

Mulai September 2009 dirjen keluarkan surat edaran yang tiap bulan dikeluarkan agar harga berdasar 4 acuan. Kita harap semua mau, agar semua enak. Dalam kontrak jual beli antara PLN dan para pemasok selalu diatur apabila ada kebijakan/peraturan pemerintah yang baru maka semua pihak akan mengikutinya.

Total kontrak batubara PLN sebesar 35 juta ton/tahun. Kelima pemasok di atas adalah termasuk perusahaan PKP2B. [san/cms]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: