Skip to content

ga ngancam kok … 210110

Januari 21, 2010

Ketua Dewan Energi Bantah Ekspor Batubara Dihentikan
21 Januari 2010 | 17:28 WIB

Taufiequrrohman
taufieq@majalahtambang.com

Jakarta-TAMBANG. Ketua Harian Dewan Energi Nasional Darwin Zahedi Saleh membantah adanya usulan Dewan Energi Nasional untuk penghentian ekspor batubara secara bertahap. Bantahan tersebut disampaikan Darwin yang juga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 21 Januari 2010.

Menurut Darwin, Dewan Energi Nasional saat ini masih melihat kegiatan ekspor batubara yang dilakukan pemerintah masih cukup besar, sehingga lembaga yang dipimpinnya merekomendasikan agar kebijakan penghentian untuk direview kembali.

“Tidak ada rencana DEN untuk penghentian ekspor batubara,” ujar Darwin.

Bantahan Ketua Harian Dewan Energi Nasional tersebut menyusul berita sebelumnya yang berkembang di media massa bahwa saat rapat dengan komisi VII DPR-RI (20/01/10) DEN sempat mengusulkan penghentian ekspor batubara secara bertahap kepada pemerintah.

Adalah Anggota DEN Rinaldi Dalimi yang secara terang menyampaikan bahwa ekspor batubara akan diusulkan untuk dihentikan. Alasannya, karena kondisi saat ini sebagian besar batubara yang dihasilkan dalam negeri dijual ke luar negeri melalui ekspor. Padahal, kebutuhan dalam negeri masih belum terpenuhi.

Darwin menambahkan, saat ini Dewan Energi tengah menyusun kebijakan energi nasional yang ditargetkan selesai Maret 2010. Kebijakan tersebut diarahkan untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan dan menjadi panduan bagi seluruh sektor dalam menyusunnya trekait dengan energi.

Beberapa isu lintas sektor yang sudah diidentifikasi saat ini, antara lain energi, pembiayaan infrastruktur energi, pemanfaatan sumber daya energi di kawasan hutan lindung, penurunan emisi dari sektor energi dan efisiensi energi di sektor transportasi, alih teknologi dan pengembangan teknologi domestik di sektor listrik, pengembangan energi terbarukan, alokasi gas untuk energi dan non energi (pupuk) dan depletion premium.[]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: