Skip to content

kita tunggu yo … 220110

Januari 22, 2010

Jumat, 22/01/2010 07:27 WIB
PLN Umumkan Pemenang Tender Batubara Akhir Januari
Angga Aliya ZRF – detikFinance

Jakarta – PT PLN (Persero) berencana mengumumkan nama-nama pemenang tender batubara tahap ketiga di sekitar akhir bulan Januari 2010. Nantinya, pemenang tender tersebut akan memasok kebutuhan batubara pembangkit 10.000 megawatt (MW) tahap I sebanyak 3,2 juta ton.

“Tender itu untuk tambahan 3,2 juta ton, untuk program 10.000 mw dan ini sudah tender tahap ketiga,” kata Direktur Energi Primer PLN Nur Pamuji, di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (21/1/2010).

Ia mengatakan, dalam tender tahap ketiga itu sudah ada sekitar 15 perusahaan yang memasukkan proposal penawaran. Sayangnya, ia enggan menyebutkan identitas perusahaan yang mengikuti tender tersebut.

“Enggak usah kita sebut, nanti takutnya ada yang dirugikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, total kebutuhan batubara BUMN listrik itu tahun ini mencapai 30 juta ton. Jumlahnya naik sekitar 6 juta ton dibandingkan kebutuhan tahun lalu sebanyak 24 juta ton. Sementara kebutuhan pembangkit listrik nasional, baik PLN dan swasta tahun ini diperkirakan mencapai 41 juta ton.

“Tahun ini sudah aman,” imbuhnya.

Tahun depan, diperkirakan kebutuhan batubaranya kembali meningkat menjadi sekitar 42 juta ton, atau naik 12 juta ton dengan mulai beroperasinya beberapa pembangkit baru dari proyek 10.000 mw tahap I.

Perusahaan plat merah itu berharap pemerintah bisa menjamin pasokan batubara untuk kelancaran operasional pembangkitnya. Pasalnya, mayoritas produksi batubara nasional saat ini banyak lari keluar negeri karena ekspor.

(ang/qom)

PLN Umumkan Pemenang Tender Batubara Februari
22/01/2010 05:17:21 WIB
JAKARTA, investorindonesia.com

PT PLN (Persero) akan mengumumkan pemenang tender tambahan batubara sebesar 3,2 juta ton pada awal Februari 2010.

“Tender tahap III pasokan batubara pembangkit 10.000 MW tahap I, sedang berlangsung. Mudah-mudahan awal bulan depan diumumkan pemenangnya,” kata Direktur Energi Primer PLN Nur Pamuji, di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Pamuji menjelaskan, tender tersebut diikuti oleh 15 perusahaan yang memasukkan proposal penawaran. Namun ia tidak merinci nama perusahaan yang ikut dalam proses tender tesebut.

Pamuji hanya mengatakan bahwa pengadaan batubara tidak untuk 2010 tetapi untuk tahun depan sejalan dengan beroperasinya sebagian pembangkit baru.

Menurut dia, pada 2010 total kebutuhan batubara PLN mencapai 30 juta ton, meningkat enam juta ton dari kebutuhan 2009 sebanyak 24 juta ton.

Ia memperkirakan pada 2011 kebutuhan batubara akan melonjak menjadi 42 juta ton.

“Kebutuhan batubara PLN akan meningkat sejalan bertambahnya pembangkit, dan proyek PLN lainnya yang berbahan bakar batubara,” tegasnya.

Untuk itu, pemerintah diharapkan menjamin pasokan batubara karena kecenderungan lebih memilih ekspor karena harganya yang tinggi, ketimbang harga dalam negeri. (ant/gor)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: