Skip to content

tambank disurunk, indy maseh terbank … 250110

Januari 25, 2010

25/01/2010 – 06:04
Prediksi IHSG
Beli Tambang untuk Short Term
Natascha & Vina Ramitha

(inilah.com /Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Tekanan dari China dan AS membuat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Senin (25/1) ini bervariasi. Saham batubara, PTBA dan ITMG menjadi pilihan jangka pendek. Jangka panjang, pilih sektor semen, SMGR dan INTP.

Analis pasar modal dari AAA Securities, Helmi Therik memprediksi, IHSG hari ini akan bergerak mixed, cenderung melemah. Harga minyak dan komoditas turun terimbas sentimen negatif China. “Pasar dalam negeri pun sulit naik, karena saham likuid di sektor komoditas menjadi sulit bergerak,” ujarnya ketika dihubungi INILAH.COM.

Menurutnya, pasar masih terus melakukan penyesuaian atas pengetatan likuiditas oleh China. Sebab bagi Indonesia, hal ini akan berdampak pada turunnya permintaan energi dan komoditas. “Penyesuaian semacam ini memang terjadi pada negara yang mengekspor bahan baku ke China, seperti kita,” katanya.

Setelah terjadi pengetatan likuiditas, lanjut Helmi, pasar berasumsi akan ada revaluasi yuan. Investor pun mengantisipasinya pekan ini, sehingga volume perdagangan akan bervariasi mengkuti perkembangan yang terjadi.

Meski begitu, ia yakin koreksi IHSG pada pekan lalu bukan disebabkan oleh pengaruh pengetatan likuiditas global yang dipicu oleh pemerintah China. Helmi menganggap koreksi itu hanya pelemahan biasa. “Terutama karena penguatan bursa sejak Desember hingga pekan lalu sudah cukup tinggi,” ulasnya.

Helmi menambahkan, sentimen negatif dari China ini diimbangi dengan kondisi perbaikan perekonomian AS yang terus tumbuh karena stimulus fiskal. Terutama yang terjadi tahun ini, di mana mulai terjadi kenaikan produksi, berlanjut pada pulihnya sektor manufaktur. “Ketika China menurunkan produksi, AS mulai menggenjotnya. Sehingga keseimbangan global tak terlalu menjadi resiko,” paparnya.

Investor saat ini mengantisipasi laporan keuangan korporasi kuartal empat 2009 yang biasanya dirilis akhir Januari ini. Pasar memprediksikan kinerja akan positif. Pasalnya, kontraksi perekonomian AS sudah mulai mengecil. “Pekan ini, pasar diperkirakan akan merespon data-data tersebut dan indeks produksi AS, serta rencana proposal perbankan AS,” ujarnya.

Di tengah kondisi ini, Helmi menyarankan investasi jangka pendek di sektor batubara. Pilihannya PT Bukit Asam (PTBA) dan PT Indo Tambangraya Megah (ITMG). ”Kami rekomendasikan buy on weakness pada sektor pertambangan batubara,” ucapnya.

Untuk jangka panjang, sektor semen menjadi pilihannya, terutama karena sektor ini tumbuh tercepat dan mampu menopang penguatan bursa. “Saham yang bisa dipilih adalah PT Semen Gresik (SMGR) dan PT Indocement Tunggal Prakasa (INTP),” paparnya.

Menurutnya, dengan target pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,5%, tingkat konsumsi semen bisa melesat paling tinggi. Pasalnya, ketika tahun lalu perekonomian AS kontraksi, Indonesia masih bisa mencatatkan pertumbuhan 4%. “Ini berarti, jika kuartal pertama 2010 perekonomian AS positif, maka target dalam negeri akan tercapai,” pungkasnya.

Pada perdagangan Jumat (22/1), IHSG ditutup merosot 28,042 poin (1,06%) ke level 2.610,340. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia cukup aktif, dimana volume transaksi tercatat sebesar 4.079 juta lembar saham, senilai Rp4,356 triliun dan frekuensi transaksi 80.553 kali. Sebanyak 54 saham naik, 101 saham turun dan 74 stagnan.

Beberapa emiten unggulan yang melemah antara lain PT Astra International (ASII) turun Rp1.450 menjadi Rp33.800, PT Indo Tambangraya (ITMG) turun Rp1.700 menjadi Rp31.700, PT United Tractor (UNTR) turun Rp400 menjadi Rp31.700, PT Bukit Asam (PTBA) turun Rp500 menjadi Rp17.200, Indocement (INTP) turun Rp300 menjadi Rp 13.400.

Sedangkan emiten-emiten yang menguat antara lain PT Semen Gresik (SMGR) naik Rp200 menjadi Rp8.100, PT Bank Tabungan Negara (BBTN) naik Rp10 menjadi Rp1.030, PT Indika Energy (INDY) naik Rp25 menjadi Rp2.575. [ast/mdr]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: