Skip to content

aturan dan kepentingan, bagai air dan minyak … 260110

Januari 26, 2010

26/01/2010 – 19:01
Kepastian Hukum Tak Jelas
Investasi Tambang Terhambat
Makarius Paru

(Istimewa)
INILAH.COM, Jakarta – Ketua Umum Indonesian Mining Assosiations (IMA), Arief Siregar, menjelaskan salah satu penyebab tidak terjadinya investasi selama 10 tahun terakhir adalah soal belum adanya kepastian hukum di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Ketum IMA, Arief Siregar, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan komisi VII, DPR-RI, Jakarta, Selasa (26/1). “Ketidakpastian tersebut terutama menyangkut implementasi UU Nomor 4 tahun 2009 mengenai Pertambangan Mineral dan Batubara,” katanya.

Ia mencontohkan dalam UU tersebut masih ada aturan yang saling berseberangan, misalnya di dalam pasal 169 huruf a dengan pasal 169 huruf b.Pasal 169 huruf a tersebut berbunyi kontrak karya dan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara yang telah ada sebelum berlakunya Undang-Undang ini tetap diberlakukan sampai jangka waktu berakhirnya kontrak/perjanjian.

Sementara pasal 169 huruf b berbunyi ketentuan yang tercantum dalam pasal kontrak karya dan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara sebagaimana dimaksud pada huruf a disesuaikan selambat-lambatnya satu tahun sejak Undang-Undang ini diundangkan kecuali mengenai penerimaan negara.

Hal inilah salah satu contoh belum sinkronnya aturan yang ada, sehingga membuat investor pertambangan menjadi bingung. Di pasal 169 huruf a mengatakan KK dan PKP2B dihargai sampai kontrak atau perjanjian itu berakhir. Tapi di pasal yang sama huruf b meminta agar KK dan PKP2B disesuaikan selambat-lambatnya setahun setelah UU ini diundangkan.

Regulasi lainnya yang menimbulkan ketidakpastian yaitu UU Nomor 32 tahun 2009 mengenai Lingkungan Hidup yang menyebutkan antara lain instansi Kementerian Lingkungan Hidup memiliki kekuasaan mutlak menetapkan ijin diatas ijin lainnya.

Menurutnya, UU Lingkungan Hidup berbenturan dengan UU Minerba. “Untuk itu kami harapkan aturan pelaksanaan yang lebih tegas,” tukasnya. [cms]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: