Skip to content

batu item sang bullishness 2010 … 230210

Februari 23, 2010

Reli harga batu bara diprediksi terus berlanjut
Selasa, 23/02/2010 06:07:08 WIBOleh: Wisnu Wijaya
Chicago (Bloomberg): Reli yang mengangkat harga saham batu bara sebesar 21% dari level terendahnya tahun lalu kemungkinan masih berlanjut karena cuaca terdingin di AS dalam 9 tahun dan rekor impor batu bara China mendongkrak permintaan dan menyerap pasokan batu bara di pasar global.

Menurut 11 analis yang disurvei oleh Bloomberg, harga batu bara diperkirakan bisa mencapai US$59,28 per ton tahun ini, naik 17% dari posisi 19 Februari di level US$50,75 di New York Mechantile Exchage.

Estimasi harga itu 41% di atas level terendah pada April tahun lalu.

Pasokan batu bara melonjak pada tahun lalu setelah musim panas yang ringan dan resesi ekonomi memangkas permintaan energi di seluruh dunia.

China, konsumen batu bara terbesar dunia, mengimpor 16,4 juta ton pada Desember 2009, 6 kali lebih besar dari posisi tahun sebelumnya.

Cuaca dingin mengurangi surplus dan membuat produsen Patriot Coal Corp., Consol Energy Inc., dan Alpha Natural Resources Inc. menegosiasikan lagi harga batu bara yang lebih tinggi.

“Bisa dipastikan bullish [harga batu bara] akibat berbagai faktor tersebut. Kami melihat sinar di ujung terowongan di AS,” ujar Jeremy sussman, senior analis batu bara di Brean Murray Carret & Co yang berkantor pusat di New York.

Menurut nilai tengah dari 17 analis yang disurvei oleh Bloomberg, Consol, perusahaan batu bara terbesar di AS dari sisi nilai pasar, diprediksi melonjak 18% menjadi US$59 pada akhir tahun ini di perdagangan pasar di New York.

Michael Dudas, analis di Jerreries & Co. New York, mendongkrak estimasi harga batu bara pada 2010 menjadi US$70 per ton. Dia sebelumnya memperkirakan target harga saham itu pada 2011. (wiw)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: