Skip to content

berau ke recapital ke doid, doid ke recapital : 3100310

Maret 31, 2010

31/03/2010 – 06:50
Barter Saham, DOID-Recapital Teken ‘Term Sheet’

(inilah.com)
INILAH.COM, Jakarta – PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) telah menandatangani term sheet yang tidak mengikat dengan Recapital Investment Group untuk memperoleh saham mayoritas atas PT Berau Coal Energy (sebelumnya dikenal sebagai PT Risco).

Dalam penjelasannya ke BEI, Rabu (31/3) disebutkan Berau Energy dimiliki 100% oleh Recapital dan akan menukar sebagian besar sahamnya di Berau Energy ini dengan kepemilikan saham dalam jumlah substansial pada Delta.

Transaksi ini akan menciptakan suatu bisnis berbasis batubara yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia dengan berbagai keuntungan operasional dan strategis untuk Delta dalam usaha jasa pertambangan. Transaksi tersebut akan mengintegrasikan secara vertikal PT Berau Coal (Berau) yang saat ini merupakan perusahaan pertambangan batu-bara terbesar kelima di Indonesia dengan PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) yang saat ini merupakan kontraktor terbesar Berau dan dimiliki oleh Delta.

BUMA diharapkan dapat memperoleh pangsa pasar yang lebih besar dan kontrak dengan jangka yang lebih panjang dari Berau. Sementara Berau diharapkan dapat memiliki operasi yang lebih terkonsolidasi dan karenanya menjadi lebih efisien.

Transaksi ini akan dilaksanakan dengan pembelian oleh Delta atas Mandatory Exchangeable Bond (MEB) yang

diterbitkan oleh pihak terafiliasi dari Recapital. MEB akan dapat ditukarkan menjadi saham di Berau Energy pada waktu yang ditentukan (diperkirakan sekitar April 2011) pada nilai yang didasarkan atas valuasi IPO yang akan dicapai oleh Berau Energy dimana proses IPO tersebut memenuhi kualifikasi IPO internasional.

Delta berniat untuk membiayai pembelian MEB dengan menerbitkan saham baru setara kurang lebih Rp 10 triliun (atau kurang lebih US$1,1 miliar) saham melalui rights issue pada harga Rp 1.400 per saham.

Berdasarkan term sheet, Recapital akan memperoleh saham dalam jumlah substansial di Delta melalui rights issue dan akan bertindak sebagai pembeli siaga pada rights issue.

Para pihak akan bekerja bersama secara mendalam selama beberapa minggu ke depan untuk melakukan due diligence dan bernegosiasi dan menandatangani dokumentasi yang definitif sehubungan dengan penerbitan MEB. Ketentuan definitif atas transaksi, apabila telah difinalisasi, akan dikomunikasikan kepada publik dan dimintakan persetujuannya kepada para pemegang saham DOID.

Delta adalah perusahaan induk BUMA, yang merupakan kontraktor pertambangan terbesar di Berau dan merupakan kedua terbesar berdasarkan volume di Indonesia, yang menyediakan jasa pertambangan berdasarkan kontrak jangka panjang kepada sejumlah produsen batu-bara terkemuka di Indonesia.

Berau Energy adalah pemilik tidak langsung atas 90% saham Berau, perusahaan pertambangan batu-bara terbesar kelima di Indonesia dengan produksi batu-bara sebesar 14,3 juta ton pada tahun 2009. Berau melakukan usaha di pertambangan open-cut pada wilayah pertambangannya di Kalimantan Timur. Berau adalah klien terbesar BUMA dari segi pendapatan dan volume. [cms]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: