Skip to content

ihsg sang rekor mutakhir nee … 050410

April 5, 2010

Rekor IHSG
Senin, 5 April 2010 – 10:04 wib

Rekor dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai hasil terbaik. Istilah ini lebih banyak dipergunakan di dunia olah raga, dimana para atlit di setiap cabang olah raga berusaha secara fair untuk mencapai hasil terbaiknya.

Setiap hasil terbaik akan dicatat sebagai rekor, dan setiap kali ada prestasi yang lebih baik maka dia akan dicatat lagi sebagai rekor baru, begitu seterusnya hingga muncul istilah pemecahan rekor setiap kali ada rekor baru yang muncul.

Mungkin karena begitu populernya di masyarakat, istilah rekor diadopsi di semua bidang kegiatan, tak terkecuali dalam kegiatan transaksi saham di bursa efek. Dalam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) ada indikator yang bisa dipergunakan untuk mengukur prestasi pasar. Di sini kita tahu ternyata pasar sahampun punya prestasi. Indikator untuk mengukur prestasi pasar itu tidak lain dan tidak bukan adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Dalam beberapa pekan ini energi pelaku pasar seolah-olah tersita untuk mendorong laju IHSG agar bisa mencatat prestasi terbaik sepanjang sejarahnya, sekaligus memecahkan rekor indeks tertinggi yang pernah dicapai. IHSG tertinggi terjadi pada Januari 2008, di mana IHSG ditutup pada posisi 2830. Inilah prestasi terbaik yang pernah dicapai pelaku pasar.

Namun, karena krisis keuangan global, prestasi yang indah itu tidak mampu dipertahankan. BEI-seperti halnya bursa efek di belahan dunia lain-mencoba untuk bertahan, tapi apa daya tangan tak mampu. IHSG longsor dan pernah terjerembab hingga sisa di titik 1.111 pada Oktober 2008. Inilah puncak titik terendah akibat tekanan jual yang begitu hebat pada 2008.

Untungnya, tidak ada rasa trauma di kalangan investor. Dengan keyakinan penuh dan dukungan kebijakan ekonomi makro dari pemerintah, pelaku pasar kembali bangkit. Tidak ada kata menyerah bagi investor.

Semua ini bisa kita simak pada gerakan IHSG sepanjang 2009 lalu. Indeks bergerak penuh percaya diri. Meski diwarnai naik turun atau fluktuasi namun trend secara keseluruhan mengarah pada perbaikan.

Hal ini terbukti, selama 2009 BEI termasuk sebagai bursa saham terbaik di dunia dengan pertumbuhan 86,69 persen. Tidak ada lagi nyanyian duka di pasar seperti yang terjadi di penghujung 2008. Mayoritas investor mengakhiri 2009 dengan wajah ceria.

Kondisi ini ternyata belum berhenti. Dari hari ke hari, pasar semakin bergairah, dana yang mengalir masuk ke bursa efek semakin deras. Bahkan ada yang bilang telah terjadi migrasi dana dari bank ke bursa efek mengikuti tabiat aslinya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dana selalu mengalir mencari tempat yang bisa memberikan return tinggi. Selama 2010 ini, IHSG sering mencatat rekor terbarunya.

Kini di kalangan pelaku pasar sudah timbul optimisme bahwa tidak lama lagi rekor tertinggi IHSG yang pernah dicapai yakni 2830 bakal terpecahkan. Hanya tinggal menunggu waktu saja. Bahkan lebih dari itu, di kalangan pelaku pasar juga sudah mulai santer analisis yang menyebut bahwa IHSG akan terus berlayar hingga ke sampai ke titik 3.000.

Yang perlu didalami lebih lanjut apa arti pemecahan rekor IHSG bagi pasar? Pemecahan rekor IHSG ini setidaknya mengindikasikan beberapa hal. Pertama, dengan berlalunya gonjang-ganjing kasus Bank Century, tensi politik mulai reda. Pelaku ekonomi juga mulai bisa bernafas panjang. Dari sisi pemerintah juga mulai memfokuskan kembali ke program-program ekonomi yang hendak dicapai.

Kedua, kepercayaan pasar bahwa pemerintah akan mampu mengelola ekonomi makro secara baik, memberi lapangan kerja, menggenjot pertumbuhan dan menciptakan iklim investasi yang kondusif. Kepercayaan ini membuat pelaku pasar tidak ragu menanamkan uangnya di pasar modal.

Ketiga, perusahaan-perusahaan yang akan melakukan ekspansi dan mencari dana di pasar modal melalui penawaran umum juga sudah ancang-ancang masuk pasar. Keempat, derasnya aliran dana asing ke BEI menunjukkan bahwa BEI menjadi alternatif tempat investasi yang menarik.

Jika dibahas lebih detil lagi, mungkin masih bisa panjang. Setidaknya empat hal tersebut di atas memberikan pemahaman kepada kita bahwa IHSG masih akan tancap gas. Nah, apakah Anda tidak tergoda untuk menumpang di dalamnya. (Tim BEI)(//ade)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: