Skip to content

kenaikan produksi batu item indo 2010 … 240510

Mei 24, 2010

Senin, 24/05/2010 13:01 WIB
Produksi Batubara RI Naik 6,67% di 2010
Nurseffi Dwi Wahyuni – detikFinance

Jakarta – Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menargetkan produksi batubara tahun ini mencapai 320 juta ton atau naik sekitar 6,67 persen dibanding tahun lalu sekitar 300 juta ton.

“Permintaan sedang bullish. Jadi batubara diminati di mana-mana,” ujar Ketua Umum APBI, Bob kamandanu di sela acara Updating Mining 2010, di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place SCBD, Jakarta, Senin (25/5/2010).

Menurut Bob, kenaikan permintaan batubara yang paling besar berasal dari India dan China. Ia mencatat kenaikan konsumsi batubara dari China saja saja mencapai 20 juta. Selain adanya peningkatan permintaan, saat ini harga batu bara di pasar internasional juga sedang bagus yaitu berada di kisaran US$ 104-105 per ton sehingga hal ini akan sangat menguntungkan para pengusaha tambang.

“Kebutuhan meningkat sangat signifikan tentu sebagai produsen kita penuhi,” ungkapnya. Namun meskipun pasar sedang bagus, tapi APBI tidak berniat untuk merevisi target produksinya pada tahun ini.

“Saya rasa biarkan seperti itu. Market sendiri yang berjalan. Takutnya kalau target dinaikkan, ternyata pemesanan kepada masing-masing produsen malah kurang dari itu,” jelasnya.

Bob mencatat, hingga bulan Februari pada tahun ini produksi batubara di tanah air mencapai 59 juta ton. Angka produksi tersebut berasal dari PKP2B generasi 1, 2, dan 3, seluruh kuasa pertambangan (KP) yang terdaftar dan tidak terdaftar di pemerintah.

“Sekitar 12,9 juta ton pada bulan Februari berasal dari KP-KP yang tidak terdaftar tersebut.Dalam setahun produksi KP illegal itu sekitar 40 juta ton,” katanya. Dari produksi pada tahun ini sekitar 320 juta ton, 30 persennya akan dialokasikan ke dalam negeri (domestic market obligation/DMO). Namun biasanya dari DMO tersebut, konsumen dalam negeri hanya mampu menyerapnya sekitar 60 juta ton. Jadi untuk DMO ada sisa lebih 30 juta ton yang tidak terserap,” tukasnya.

(epi/dnl)

Permintaan Batu Bara China Naik 20 Juta Ton
Tahun ini, pemerintah menargetkan produksi batu bara dalam negeri mencapai 320 juta ton.
SENIN, 24 MEI 2010, 13:10 WIB
Antique, Ferial

VIVAnews – Permintaan batu bara dalam negeri dari China dan India meningkat cukup besar tahun ini.

“Yang paling dahsyat, China. Peningkatannya mencapai 20 juta ton,” kata Ketua Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) Bob Kamandanu di sela acara seminar Indonesia Mining Update di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin 24 Mei 2010.

Menurut dia, dengan pasar yang sangat bagus, produsen dalam negeri harus berupaya memproduksi semaksimal mungkin guna memenuhi kebutuhan domestik maupun eksternal.

Dia menuturkan, tahun ini pemerintah menargetkan produksi batu bara dalam negeri mencapai 320 juta ton dengan porsi 40 juta kontribusi dari Kuasa Pertambangan (KP) di daerah yang terdaftar dan tidak terdaftar.

Produksi dari KP berkisar 500 ribu sampai satu juta ton. Sementara itu, target sisanya akan dipenuhi dari perusahaan-perusahaan besar di antaranya PT Adaro Energy Tbk, PT Kaltim Prima Coal, PT Kideco Jaya Agung, dan PT Berau Coal.

“Setiap tahun, lima besar ini mengalami peningkatan produksi dari 2-4 juta
ton,” kata dia.

Terkait kewajiban untuk memasok di dalam negeri (domestic market obligation/DMO), Bob mengatakan, dengan target produksi 320 juta ton tahun ini, berarti kepastian pasokan untuk konsumen domestik sekitar 90 juta ton. Sedangkan penyerapan konsumen 60 juta ton, sehingga masih terdapat kelebihan 30 juta ton. (art)

antique.putra@vivanews.com

• VIVAnews

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: