Skip to content

ini opportunity loss-nya indy … 260510

Mei 26, 2010

Produksi Industri Tambang Indonesia Minim Edit Value
24 Mei 2010 | 20:40 WIB
Oleh Arif Dwi Cahyono
arif@majalahtambang.com

Jakarta-Tambang. Sektor pertambangan Indonesia sampai sekarang masih banyak menjual produknya dalam kondisi bahan mentah, sehingga edit valuenya (nilai tambah) sangat rendah. Adanya kondisi ini memberikan peluang yang sangat besar bagi kalangan pengusaha untuk dapat masuk kebisnis pengolahan bahan tambang di dalam negeri, sehingga bisa memberikan nilai tambah yang maksimal bagi negara.

“Domestic balance gak seimbang, kita masih banyak impor. Padahal Indonesia adalah Negara yang menghasilkan bijih besi,” kata Direktur Industri Logam Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan di sela-sela acara Indonesia Mining Update (IMU) 2010 di Jakarta (24/5).

Putu menuturkan untuk produk setengah jadi saja seperti Steel Scrap, Crude iron masih banyak di impor dari luar negeri. Oleh sebab itu, kata dia langkah pemberian insentif untuk investor yang mengembangkan industri pengolahan bahan tambang menjadi pilihan. Dulu kebijakan ini tidak ada, sekarang dengan keluarnya PP No.62 Tahun 2008 industri tertentu akan mendapat keringan pajak. Melalui ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi kalangan investor untuk menanamkan investasinya.
Menurut dia selain selama ini tidak ada insentif dari pemerintah, selama ini dalam investasi pada industri pengolahan bahan tambang dihadapkan pada minimnya infrastruktur, sehingga mereka harus membangun sendiri jalan atau pelabuhan dan ini merupakan biaya tambahan bagi mereka.

Dalam PP No 62/2008, pemerintah menetapkan 23 bidang usaha serta 15 bidang usaha di daerah tertentu yang bisa memperoleh fasilitas PPh. Fasilitas itu adalah pengurangan PPh sebesar 30% dari jumlah penanaman modal.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: