Skip to content

ayo olah batu item yang diekspor … 040610

Juni 4, 2010

Ekspor batu bara curah dikaji
Jumat, 04/06/2010 00:22:48 WIB
Oleh:
JAKARTA: Kementerian Perdagangan mengakui sedang menyusun mekanisme ekspor batu bara agar tidak lagi diekspor dalam bentuk bahan baku mentah.

Direktur Eskpor Kemendag Albert Yousuf Tobagu mengakui sedang berkoordinasi dengan instansi lain seperti Kementerian ESDM guna membahas mekanisme ekspor batu bara.

“Saat ini kan masih diekspor dalam bentuk raw material [bahan baku], nah kami mencoba menyusun mekanismenya seperti apa agar memberikan nilai tambah di dalam negeri,” ujarnya kemarin.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada draf kebijakan ekspor batu bara tersebut, karena masih dalam tahap sinkronisasi dengan kementerian lain. Soal rencana penerapan bea keluar, kata dia, juga belum dibahas.

Berdasarkan UU Minerba, kata Albert, ada salah satu pasal yang menyebutkan agar ekspor batu bara didorong dalam bentuk sudah diolah di dalam negeri seperti dalam bentuk briket dan cair.

Kementrian Perdagangan, lanjutnya, berwenang dalam ketentuan ekspor dan impor dan sedang melakukan koordinasi dengan Kementerian ESDM. (Bisnis/sep)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: