Skip to content

sewa naek … 130810

Agustus 13, 2010

Jumat, 13/08/2010 16:38:59 WIB
Tarif sewa lahan tambang akan dinaikkan
Oleh: Yuda Prihantoro & Nurbaiti

JAKARTA: Tarif sewa lahan tambang di Tanah Air akan naik, menyusul revisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 45/2003 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“PP No.45/2003 saat ini sedang kami revisi karena kami anggap tarif sewa sudah terlalu kecil dan tidak layak. Saat ini revisinya masih dalam pembahasan di Kementerian Keuangan,” ujar Kepala Sub Direktorat Penerimaan Negara Mineral, Batu bara, dan Panas Bumi (Minerbapabum) Paul Lubis, hari ini.

Dia menjelaskan jenis penerimaan negara dalam PNBP berdasarkan PP No.45/2003 terdiri atas iuran tetap, iuran eksplorasi, iuran produksi, dan kompensasi data informasi.

Iuran tetap ditentukan berdasarkan luasan dari wilayahnya, sedangkan iuran eksplorasi berkaitan dengan mineral yang ditemukan di mana besarannya sama dengan iuran eksploitasi.

Adapun, iuran produksi berkaitan dengan produksinya, sedangkan kompensasi data informasi berkaitan dengan data yang dilelang dari hasil penelitian badan usaha yang sebelumnya.

Poin penting yang masuk dalam daftar revisi PP No.45/2003 adalah mengenai besaran angka iuran. Misalnya, angka iuran tetap pada tahap penyelidikan umum (eksplorasi) yang selama ini ditetapkan Rp500 per hektare, akan direvisi menjadi US$2 per hektare. Adapun, untuk tahapan eksploitasi tarif sewanya akan mencapai US$4 per hektar.

Tarif tersebut akan diberlakukan untuk izin usaha pertambangan, izin pertambangan rakyat, dan izin usaha pertambangan khusus.

Paul menambahkan dalam revisi PP No. 45/2003, pihaknya juga mengusulkan untuk mengenakan iuran tarif pada panas bumi. “Sebab, pada rezim lama, panas bumi tidak ada di PNBP,” ujarnya.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: