Skip to content

pipa itu, indy … 230810

Agustus 23, 2010

Senin, 23/08/2010 19:32:35 WIB
‘Proyek pipa Kodeco jangan ganggu pelayaran’
Oleh: Yuristiarso Hidayat

SURABAYA: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendesak operator migas Kodeco Energy Co Ltd berkomitmen menjamin proses pendalaman pipa gas bawah laut yang memotong alur pelayaran barat Surabaya (APBS) tidak mengganggu lalu lintas pelayaran.

Pernyataan Gubernur Jatim itu merupakan tanggapan atas kegelisahan kalangan pelaku usaha terkait dengan proses pendalaman dari 12 meter menjadi 19 meter yang dinilai bakal mengganggu arus lalu lintas pelayaran di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Operator Kodeco telah berjanji di depan Pak Hatta [Menko Perekonomian] bila dalam proses penanaman pipa tidak akan mengganggu arus pelayaran di APBS. Jadi, tinggal ditunggu saja implementasi janji itu, karena jangan sampai ada pelaku usaha pelayaran yang dirugikan atas proses pendalaman,” katanya seusai buka puasa bersama dengan dunia usaha dan Kadin Jatim, di Surabaya, malam ini.

Soekarwo juga meminta Kodeco untuk membuat jadwal penanaman pipa gas tersebut sehingga kalangan dunia usaha di Jatim akan mengetahui dengan lebih seksama.

“Timeline perlu dipublikasi sehingga proses pengerjaan pendalaman yang rencananya dimulai dari akhir Agustus hingga 10 November 2010 dapat diketahui publik. Tim Pengawas yang dibentuk Kadin Jatim perlu mencermati proses itu,” tegasnya.

Ketua Kadin Jatim La Nyalla Machmud Mattalitti mengatakan asosiasinya telah membentuk tim pengawas yang bertugas untuk melakukan mitigasi dan litigasi dengan tujuan memantau proses pendalaman pipa gas Kodeco itu.(jha)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: