Skip to content

indy jual saham ptro … 300910

September 30, 2010

PT Indika Energy Tbk (INDY) akan melepas kembali (refloating) 18,5% saham anak perusahaan, PT Petrosea Tbk (PTRO) kepada publik. Saham publik di Petrosea saat ini baru 1,5% setelah penawaran tender oleh Indika pada Juli 2009.

Sumber Investor Daily yang mengetahui rencana perseroan mengungkapkan, Indika telah menunjuk dua institusi sebagai pengatur (book runner) transaksi terebut, yaitu PT Macquarie Capital Securities Indonesia dan PT Citigroup Securities Indonesia.

“Sebelum melepas saham, Indika akan mengkaji pemecahan nilai harga saham (stock split) PTRO. Langkah tersebut akan dilakukan mengingat harga saham PTRO sudah cukup mahal,” ujar sumber di Jakarta, Rabu (29/9).

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid saat dikonfirmasi mengakui, pihaknya akan melepas saham kembali ke publik. Namun, dia belum tahu apakah pelepasan saham Petrosea tersebut dilakukan akhir 2011

Sumber : INVESTORINDONESIA
INDY akan melepas kembali (refloating) 18,5% saham anak perusahaan PTRO kepada publik. Saham publik di PTRO saat ini baru 1,5% setelah penawaran tender oleh INDY pada Juli 2009. Karena harga saham sudah cukup tinggi, ada kemungkinan dilakukan stock split PTRO dengan perbandingan 1:5 sebelum dilepas kembali ke publik. INDY menguasai 99,38 juta saham PTRO atau 98,55%. INDY telah menunjuk Macquirie Securities dan CIti sebagai joint bookrunner refloating.

Sumber : IPS Research
PTRO berhasil mencetak laba bersih senilai US$ 20,15 juta pada 2H10 dibandingkan dengan periode yang sama sebelumnya yang mencetak rugi bersih senilai US$ 14,46 juta. Hal ini dipicu oleh berkurangnya beban piutang yang tak tertagih dari US$ 26,91 juta menjadi senilai US$ 563 ribu seiring dengan adanya penghapusan piutang kepada PT Iltabi Bara Utama. Sementara itu, pendapatan PTRO pada periode yang sama naik 9,55% YoY dari US$ 81,04 juta menjadi US$ 88,78 juta.

Sumber : IPS Research

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: