Skip to content

biaya angkut TURUN, indy … 071010

Oktober 7, 2010

Freight batu bara terus turun
OLEH TULARJI Bisnis Indonesia

Ongkos angkut (freight) ekspor batu bara dari Indonesia ke China menggunakan kapal curah kering berbendera Merah Putih terus merosot.

loading

Pengusaha pelayaran meminta pemerintah terapkan DTO JAKARTA: Ongkos angkut (freight) ekspor batu bara dari Indonesia ke China menggunakan kapal curah kering (bulk carrier) berbendera Me- rah Putih terus merosot seiring dengan banyak- nya armada asing yang menawarkan tarif lebih rendah.
Ongkos angkut komoditas batu bara dari Indonesia ke China bagian selatan diketahui kini hanya US$14 per ton, sedangkan dari Indonesia ke China bagian utara berkisar US$17 per ton.

Tarif ini menurun sejak Juni 2010 yang tercatat US$27 per ton ke China Selatan dan US$20 per ton ke China Utara.

Pada Juli 2010, tarif sewa kapal curah batu bara dari Indonesia ke China mulai turun 15% dari tarif bulan sebelumnya, seiring dengan anjloknya tarif sewa kapal jenis itu di pasar global karena pemangkasan permintaan batu bara ke China. Operator kapal bulk carrier jenis handymax maupun panamax nasional menilai freight komoditas batu bara ekspor dari Indonesia ke China dalam beberapa bulan terakhir sudah tertahan di level terbawah.

H. Sunarto, Direktur Utama PT Gurita Lintas Samudera, operator kapal curah berbasis di Indonesia, mengatakan tarif angkutan batu bara dari sentra produsi di Kalimantan ke China bertahan di bawah US$20 per ton.

Kondisi itu disebabkan oleh demand pasokan kapal yang tidak berimbang. Selain itu, dalam memperebutkan pasar batu bara di Indonesia, kapal nasional harus bersaing dengan kapal asing.

“Tarif sekarang rendah,” katanya kepada Bisnis, kemarin.

Dia menjelaskan kapal dari China berani memungut ongkos angkut yang lebih murah dibandingkan dengan kapal berbendera Indonesia sehingga kondisi itu berpengaruh ke freight secara keseluruhan. “Ongkos angkut kapal dari China bisa lebih kecil.” Ketua Bidang Pengembangan Industri Pelayaran Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Ibnu Wibowo mengatakan pada
awal Juni 2010, tarif sewa kapal curah ke China Utara masih mencapai US$27 per ton.

Namun, pada awal Juli turun US$4 per ton menjadi US$23 per ton. Penurunan itu terjadi karena China mengurangi pasokan batu bara sehingga tarif sewa kapal jenis secara global anjlok cukup signifikan.

Sementara itu, tarif sewa kapal curah dari Indonesia ke China Selatan juga anjlok dari awal Juni sebanyak US$20 per ton menjadi US$17 per ton pada awal Juli ini.

“Parahnya harga kapal tetap bertahan di level tinggi,” ujar Ibnu baru-baru ini.
tungan tonnage, bukan time charter, tetapi saat tarif sewa kapal secara global anjlok, tarif sewa armada handymax maupun panamax di Indonesia juga turun.

Di pasar global, berdasarkan data INSA, tarif sewa kapal jenis panamax berkapasitas angkut 75.000 dead weight tonnage (DWT) pada awal Juni 2010 sebesar US$27.500 per hari untuk masa sewa 1 tahun, tetapi pada akhir Juni turun menjadi US$25.000.

Adapun, tarif sewa kapal batu bara jenis handymax berkapasitas angkut sebesar 53.000 DWT pada akhir Juni tahun ini anjlok
e menjadi US$20.000 per hari dia bandingkan dengan awal Juni sef besar US$27.000 per hari.
Tarif sewa kapal panamax selaa ma 6 bulan pertama tahun ini mencapai level tertinggi sebesar US$27.500 per hari, sedangkan s tarif terendah pernah dicapai t pada 2009 yang menyentuh sebee sar US$11.000 per hari.
Demikian pula tarif sewa kapal handymax juga pernah mencapai a level tertinggi pada semester I tai hun ini US$28.000 per hari yang terjadi pada Mei, padahal tarif kapal jenis itu sempat terjerembap ke level paling rendah pada 2009 sebesar US$11.000 per hari.

(tularji@bisnis.co.id)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: