Skip to content

280 jt ton @11/2010 … 141010

Oktober 14, 2010

Kamis, 14 Oktober 2010 | 17:39 oleh Femi Adi Soempeno, Bloomberg PRODUKSI BATUBARA
Per September, produksi batubara nasional 280 juta ton
JAKARTA. Produksi batubara nasional pada akhir September 2010 mencapai 280 juta ton, atau 90% dari perkiraan produksi tahun ini. Peningkatan produksi ini dipicu oleh melonjaknya permintaan yang menggiring produsen menggenjot produksinya tahun depan.

Produksi batubara nasional kemungkinan akan mencapai 340 juta ton pada tahun 2011 dari tahun ini yang diperkirakan sebesar 310 juta ton. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Bob Kamandanu. Tahun ini, APBI mematok produksi batubara nasional sebesar 320 juta ton.

Produsen batubara nasional memang terus menggemukkan produksi batubaranya untuk memenuhi permintaan lokal maupun domestik. India akan melampaui Jepang sebagai negara pengimpor batubara terbesar di dunia dari Indonesia. Tahun 2011 mendatang, Indonesia bakal menjadi negara pengekspor batubara terbesar di dunia setelah Australia.

Produksi tahun ini kemungkinan akan lebih rendah dari target semula karena tingginya curah hujan dan kuatnya permintaan batubara India. Hal ini berpotensi menggiring harga batubara menembus US$ 102 per ton pada akhir tahun ini dan rata-rata menyentuh US$ 90-100 per ton pada tahun 2011.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: