Skip to content

lage, harga kapal tongkang indon … 261110

November 26, 2010

Tongkang China perkuat armada nasional
OLEH TULARJI Bisnis Indonesia

Article Rank

0diggsdigg

[Click To Enlarge]
Sebanyak 100 set kapal tongkang produksi China senilai US$350 juta memperkuat armada niaga nasional

Angkutan batu bara nasional mencukupi Sebanyak 100 set kapal tongkang produksi China senilai US$350 juta masuk ke dalam negeri untuk memper- kuat armada niaga nasional.
Kapal dengan rata-rata kapasitas 8.000 dead weight tonnage (DWT) seharga masing-masing sekitar US$3,5 juta ini dibeli oleh perusahaan pelayaran nasional dan siap beroperasi di perairan Indonesia.

Ketua Bidang Angkutan Tongkang Dewan Pengurus Pusat Indonesian Shipowners’ Association (INSA) Teddy Yusaldi mengakui operator pelayaran nasional masih mengandalkan pasokan kapal dari China.

Sebab, katanya, kemampuan galangan nasional dalam memproduksi kapal tongkang dengan harga yang kompetitif dan bersifat massal masih terbatas. “Sebagian kebutuhan kapal tongkang Indonesia masih dipasok dari galangan China,” katanya kepada Bisnis, kemarin.

Dia menjelaskan pelaku usaha pelayaran nasional masih antusias untuk melakukan pengadaan kapal jenis tongkang karena kegiatan pengangkutan komoditas tambang, khususnya batu bara terus tumbuh seiring dengan proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik.

Berdasarkan catatan INSA, selama 4 bulan pertama tahun ini sedikitnya 20 unit kapal tongkang yang dibeli dari China masuk ke Indonesia. Semua kapal tersebut sudah berbendera Merah Putih dan beroperasi di dalam negeri.

Dia menjelaskan dengan adanya tambahan kapal tongkang tersebut, pemenuhan permintaan kebutuhan armada di dalam negeri, terutama untuk mengangkut batu bara dari sentra produksi ke sejumlah PLTU, tetap terjaga.
Teddy menjelaskan berapa pun kebutuhan kapal untuk angkutan batu bara nasional, pelayaran siap memenuhinya.

Berdasarkan data Asosiasi Produsen Batu bara Indonesia (APBI), produksi batu bara nasional sejak 2006 hingga 2010 terus meningkat.

Jika pada 2006 produksi batu bara nasional mencapai 190,48 juta ton, pada
2007 naik menjadi 221,1 juta ton. Pada 2008, produksi batu bara nasional meningkat mencapai 239,41 juta ton, sedangkan 2009 tercatat sebanyak 257 juta ton.

Sampai 2025, produksi batu bara nasional diperkirakan terus melonjak seiring dengan meningkatnya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi. Pada 2010, produksi batu bara nasional diperkirakan mencapai 270 juta naik menjadi 348 juta ton pada 2015.

Sementara itu pada 2020 dan 2025, produksi batu bara naik masing-masing menjadi 404 juta ton dan 486 juta ton.

Seiring lonjakan produksi batu bara nasional, konsumsi batu bara di dalam negeri juga meningkat. Masih berdasarkan data APBI, pada 2006 konsumsi batu bara dalam negeri mencapai 45,54 juta ton, naik menjadi 62,5 juta ton pada 2007.

Pada 2008, konsumsi batu bara domestik tercatat sebanyak 70 juta ton naik menjadi 82 juta ton pada 2009 dan tahun ini konsumsi batu bara domestik diperkirakan mencapai 90 juta ton.

Ke depan, konsumsi batu bara nasional pada 2025 diperkirakan terus meningkat menjadi 236 juta ton.

Direktur PT Niaga Sapta Samudra, perusahaan pelayaran tongkang batu bara nasional, L. Sudjatmiko menjelaskan kebutuhan kapal tongkang batu bara berbendera Merah Putih sudah tercukupi.

Dia menjelaskan jumlah kapal tongkang berbendera Indonesia yang kini sudah mencapai lebih dari 1.000 unit masih memerlukan tambahan guna memastikan kebutuhan angkutan batu bara domestik bisa terpenuhi.

Bisnis mencatat, selama 2010 sejumlah perusahaan pelayaran merencanakan pembelian tongkang. PT Niaga Sapta Samudra membeli 3 unit berkapasitas 12.000 ton, dan PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) membeli 7 unit berkapasitas 8.000 ton. (tularji@bisnis.co.id)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: