Skip to content

PLN plintir harga batu item dome$+1K… 020211

Februari 1, 2011

TAMBANG, 01 Februari 2011 | 15.22
PLN Dan Pemasok Batubara Temui Titik Terang

Subkhan AS
redaksi@majalahtambang.com

Jakarta-TAMBANG. Perusahaan pemasok batubara dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyepakati harga pembelian batubara tahun 2011, sesuai dengan Harga Batubara Premium (HBP).

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Bob Kamandanu, Selasa, 1 Februari 2011, PLN telah menyetujui HBP yang telah disepakati oleh perusahaan pemasok batubara, dengan hasil perhitungan tiga bulan terakhir yakni, Oktober, November dan Desember 2010.

“Hingga saat ini sudah ada 10% perusahaan yang setuju dengan PLN,” ujarnya. Ketika ditanya siapa saja perusahaan yang telah menyetujui kerjasama dengan PLN, Bob Kamandanu tidak mau menyebutkan nama perusahaannya. “Nanti saja, kita lihat nanti,” katanya.

Sebelumnya PT PLN (Persero) dan para pemasok batubara PLN tidak mencapai titik temu terkait harga batubara untuk tahun 2011, baik untuk keperluan pembangkit listrik swasta maupun milik perusahaan negara itu sendiri, termasuk untuk PLTU 10.000 Megawatt.

Dimana pihak PLN berniat menerapkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2010 yang antara lain mengatur, harga batubara acuan (HBA) rata-rata kuartal keempat 2010 merupakan harga untuk 2011.

Alasannya, tingkat harga ini sudah memberi keuntungan yang wajar bagi para penambang batu bara mengingat HBA sendiri merupakan rata-rata dari empat indeks yang mencerminkan harga pasar.

Sedangkan perusahaan pemasok batubara menuntut harga lebih tinggi dengan alasan, HBA rata-rata kuartal keempat 2010 itu tidak mencerminkan ekspektasi harga ekspor di 2011. Mereka menunjukkan gerakan indeks Barlow-Jonker (NEX) yang terus naik.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: