Skip to content

koreksi permintaan, harga nunut … 190411

April 19, 2011

Pemerintah menurunkan harga batubara acuan (HBA) di April 2011 sebesar US$ 0,41/ton menjadi US$ 122,02/ton. Besaran penurunan harga di April 2011 ini tidak terlalu signifikan sehingga bisa dikatakan HBA stabil pada kisaran US$ 122/ton.

Harga acuan ini merupakan patokan untuk batubara dengan kualitas kalori sekitar 6.322 kkal/kg (gross as received). Harga tersebut menggunakan formula yang mengacu kepada rata-rata indeks ICI-1 (Indonesia Coal Index), Platts-1, NEX (Newcastle Export Index) dan GC (Newcastle Global Coal Index).

Demikian dikutip dari situs Kementerian ESDM, Selasa (19/4/2011).

Harga tersebut berlaku untuk harga harga spot (kontrak penjualan di bawah 12 bulan) sedangkan untuk harga term (kontrak penjualan lebih dari 12 bulan), harga acuan menggunakan rata-rata HBA 3 bulan terakhir dan harga berlaku untuk penjualan batubara selama 12 bulan.

Turun tipisnya harga acuan ini karena China diperkirakan akan memangkas impor batubaranya di tahun ini akibat tingginya harga. Memang di awal April ini harga batubara internasional naik 3,3% menjadi rata-rata 14,74/ton yang merupakan harga tertinggi sejak 4 Februari 2011 lalu.

Kenaikan harga internasional terjadi karena Jepang mengalami potensi kekurangan pasokan listrik setelah gempa bumi dan tsunami pada tanggal 11 Maret yang mengakibatkan penurunan kapasitas nasional pembangkit listriknya hingga 8%.

Sumber: detikcom

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: