Skip to content

kuartal 1 2011: 89MT … 070511

Mei 7, 2011

Produksi Batu Bara Nasional 89 Juta Ton
Muhammad Rifai – Okezone
Jum’at, 6 Mei 2011 18:22 wib

JAKARTA – Produksi batu bara nasional untuk kuartal I-2011 tidak jauh berbeda dengan produksi batu bara tahun sebelumnya yang sebesar 85 juta ton.

“Sementara produksi tahun ini sekira 89 juta ton, naik tipis, itu karena gangguan cuaca. Belum melebihi target,” ujar Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Bob Kamandanu, di Jakarta, Jumat (6/5/2011).

Bob menjelaskan, produksi batu bara di kuartal satu ini disebabkan karena cuaca, di mana pada Juni sering terjadi hujan deras, yang seharusnya musim kemarau. “Sebelumnya musim kering ternyata hujan terus,” jelasnya.

Adapun pada kuartal satu produksi ditargetkan sebesar 95 juta-96 juta ton, karena kendala faktor cuaca tersebut. Di mana produksi hingga saat ini masih di sekira 89 juta ton. “Hampir sama dengan tahun lalu,” ujarnya.

Bob menambahkan, untuk ekspor batu bara meningkat lima persen dari tahun sebelumnya. “Pengiriman masih ditujukan untuk China,” pungkasnya.

Ditambahkannya, peningkatan ekspor tersebut salah satunya memang dipicu oleh banyaknya kontrak baru yang diteken oleh Indonesia dengan China.
(ade)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: