Skip to content

produksi INDO@indy … 280711

Juli 28, 2011

Produksi batu bara bisa capai 170 juta ton
Oleh Vega Aulia Pradipta

bisnis indonesia
Published On: 11 July 2011

altJAKARTA: Produksi batu bara nasional pada semester I/2011 diyakini mencapai lebih dari 170 juta ton, sedangkan target untuk setahun penuh 340 juta ton diprediksi tercapai.
Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Supriatna Suhala mengatakan target produksi bisa tercapai karena didukung adanya tambahan permintaan dari Jepang yang sudah mulai memasuki masa pemulihan pasca gempa dahsyat dan tsunami.

“Perkiraan kami produksi semester I lebih kurang sudah mencapai sekitar 170-an juta ton. Target tahun ini 340 juta ton, saya yakin bisa tercapai,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis hari ini.

Menurut dia, produksi batu bara tahun ini relatif tidak mengalami kendala yang berarti. Dari total produksi batu bara, sebanyak 78,97 juta ton atau sekitar 23% dialokasikan untuk keperluan domestik (Domestic Market Obligation).

Sedangkan lebih dari 70% produksi batu bara diekspor, yakni sekitar 36-38 juta ton ke China dan 34-36 juta ton ke India. Memasuki kuartal III dan IV tahun ini, lanjutnya, Jepang mulai masuk masa pemulihan dan kebutuhan batu baranya kembali meningkat. Dari total kebutuhan Jepang 90 juta ton per tahun, Indonesia mengekspor 28-30 juta ton.

“Dulu [karena musibah tsunami] batu bara kita yang tidak terserap di Jepang bisa sekitar 5-6 juta ton. Tapi memasuki kuartal III dan IV tahun ini akan terjadi peningkatan permintaan karena Jepang mulai recovery. Jadi banyak PLTU di sana yang rusak itu diperbaiki,” ujarnya.

Selain ke China, India dan Jepang, Indonesia juga mengekspor batu bara ke negara-negara di kawasan Asean seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan juga ke kawasan Asia lainnya seperti Sri Lanka dan Pakistan. (tw)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: