Skip to content

tebo yang BERCADANGAN 800 Jt ton batu item

September 27, 2011

MUARATEBO-Kepala Bidang Pertambangan Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Tebo, Erwanto, Senin (26/9) mengatakan kabupaten tersebut memiliki cadangan batubara sebanyak 800 juta ton.

“Tebo tidak hanya kaya hasil perkebunan dan hutan, tapi juga memiliki potensi cadangan batubara yang sangat besar. Sedikitnya dari penelitian Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Kabupaten Tebo, ada 800 juta ton cadangan emas hitam di daerah ini,” terangnya.

Menurutnya, wilayah yang memiliki cadangan batubara tersebut terdapat di beberapa kecamatan di kabupaten tersebut, Kecamatan Tebo Ulu, Tengah Ilir, Tebo Tenga, Sumay dan VII Koto Ilir.

“Kandungan batubara tersebar di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Tebo Ulu, Tengah Ilir, Tebo Tengah, Sumay dan VII Koto Ilir,” sebutnya.

Dikatakannya, cadangan batubara yang terdapat di daerah itu merupakan batubara dengan kualtas yang baik. Namun saat ini eksplorasi belum dilakukan dengan maksimal oleh perusahaan-perusahaan yang ada.

“Cadangan sebesar itu masih belum dapat dieksplorasi dengan maksimal oleh perusahaa-perusahaan yang ada,” katanya.

Hingga tahun 2010 lalu, cadangan batubara yang berhasil dieksplorasi dan diproduksi oleh tiga perusahaan pertambangan di Tebo baru berjumlah 267 ribu ton.

“Baru 267 ribu ton yang berhasil diekpslorasi dan produksi oleh perusahaan tambang yang ada. jika merujuk besarnya cadangan yang ada, maka setidaknya Pemkab Tebo masih memerlukan perusahaan-perusahaan tambang untuk melakukan eksplorasi, agar lebih maksimal,” terang Erwanto.

Dari jumlah 267 ribu ton batubara yang dieksplorasi dari dalam perut bumi Tebo, setidaknya telah menghasilkan pendapatan bagi daerah sebesar Rp 1,6 milyar.

“Kontribusi yang didapatkan oleh pemkab atas pertambangan ersebut pada 2010 lalu telah mencapai Rp 1,6 milyar. Coba bayangkan jika eksplorasi dilakukan lebih maksimal, maka pendapatan daerah akan lebih besar dari sumbangan batubara itu,” lanjutnya.

Untuk memaksimalkan eksplorasi dan produksi batubara, maka Pemkab Tebo berupaya menarik invenstor dari dalam dan luar unuk menanamkan investasinya bagi dunia pertambangan batubara.

Selain mengundang, kami juga akan memberikan kemudahan perizinan bagi perusahaan yang akan membuka usahanya di daerah ini. Saat ini saja usdah ada 66 perusahaan yang beroperasi di Tebo,” pungkasnya.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/cadangan-batubara-tebo-mencapai-800-juta-ton/20753

Sumber : INVESTOR DAILY

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: