Skip to content

pln $3D0T batubara … 240212

Februari 24, 2012

VIVAnews – Kebutuhan batu bara PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pada 2020 diperkirakan akan mencapai 125,7 juta ton per tahun. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN untuk menurunkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Data Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik 2011-2020 yang dikutip VIVAnews, pada 2020 penggunaan BBM dalam komposisi produksi listrik per bahan bakar PLN hanya 0,71 persen atau hanya 0,67 juta kiloliter, turun drastis dari pemakaian BBM pada 2011 sebesar 21,12 persen atau 9,06 juta KL (gabungan high speed diesel dan marine fuel oil).

Sedangkan penggunaan batu bara PLN pada 2020 meningkat tajam menjadi 64 persen atau 125,76 juta kl. padahal penggunaan batu bara PLN pada 2011 hanya 41,8 juta ton atau 50 persen dari komposisi produksi listrik per bahan bakar.

Direktur Perencanaan dan Manajemen Resiko PLN, Murtaqi Syamsuddin mengatakan, kebutuhan batu bara PLN terus membesar setiap tahun disebabkan mulai banyaknya pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang mulai beroperasi.

“Peranan BBM akan berkurang sekali, di 2020 BBM sudah minimal dan peranan batu bara akan lebih dominan,” paparnya di Jakarta, Jumat 24 Februari 2012.

Murtaqi menjelaskan, yang terpenting bagi PLN saat ini menjaga agar pasokan batu bara aman dalam jangka panjang. “Pasokan berlimpah di Indonesia, harus cukup untuk dalam negeri, terutama listrik,” katanya.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji menjelaskan, PLN tidak akan mengimpor batu bara untuk memenuhi kebutuhan PLN. Ia tidak khawatir akan kebutuhan batubara PLN, karena dalam aturan domestic market obligation (DMO), PLN diprioritaskan.

“Batu bara itu untuk pembangkit-pembangkit besar seperti PLTU Jateng yang akan dibangun dengan kapasitas 2×1000 Mw,” katanya.

http://bisnis.vivanews.com/news/read/291001-alasan-kebutuhan-batu-bara-pln-melonjak

Sumber : VIVANEWS.COM

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: