Skip to content

Sumut BERBATUBARA … 271112

November 27, 2012

Cadangan Batubara Terbesar RI Ada di Sumatera Utara
Rista Rama Dhany – detikfinance
Selasa, 27/11/2012 12:19 WIB
Serang – Saat ini, hampir 93% ekspolorasi dan eksploitasi batubara ada di Kalimantan, padahal cadangan batubara paling besar tidak ada di Kalimantan melainkan ada di Sumatera Utara.

Seperti dikatakan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM R Sukhyar, sebenarnya cadangan batubara paling besar bukan ada di Kalimantan, tetapi ada di Sumatera Utara.

“Kalau dari resource atau cadangan yang ada, batubara kita paling banyak bukan di Kalimantan, tetapi ada di Sumatera Utara,” kata Sukhyar usai menghadiri Lokakarya Pertimbangan Geologi untuk Pembangunan Jembatan Selat Sunda, Serang, Sunda, Selasa (27/11/2012).

Memang saat ini pasokan batubara paling besar ada di Kalimantan Timur, karena hampir 93% ekplorasi dan eksploitasi tambang batubara ada di Kalimantan, sedangkan di Sumatera Utara hanya 7% saja.

“Memang pasokan batubara paling besar ada dari Kalimantan, di mana eksplorasi dan eksploitasi tambang batubara 93% ada di Kalimantan, sedangkan di Sumatera Utara hanya 7% saja,” ucapnya.

Dikatakan Sukhyar, ekplorasi dan eksploitasi tambang batubara banyak di Kalimantan, karena infrastruktur di Kalimantan lebih banyak terbangun dari pada di Sumatera Utara.

“Lebih banyak dari Kalimantan karena di Kalimantan infrastrukturnya lebih terbangun dibandingkan dengan Sumatera Utara,” ucapnya.

Namun, melihat cadangan batubara di Sumatera Utara yang sangat besar, pembangunan PLTA dan investasi kedepannya di daerah tersebut sangat menjanjikan.

“Saya tentu mengapresiasi rencana pembangunan PLTA di Sumatera Utara, hal ini nantinya akan berimbas pada makin banyaknya investor yang masuk karena tersedianya energi yang cukup di daerah tersebut,” kata Sukhyar.

(rrd/dnl)

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: