Skip to content

indy TIDAK bingunK … 030613

Juni 3, 2013

Lupakan China, Pengusaha Batu Bara Lirik Vietnam

Oleh: Ranto Rajagukguk
ekonomi – Senin, 3 Juni 2013 | 15:24 WIB

INILAH.COM, Bali – Pengusaha batu bara nasional mengincar pasar Vietnam yang sedang gencar mengembangkan proyek pembangkut listrik.

“Saat ini Filipina dan Vietnam gencar bangun power plant. Karena itu sangat penting bagi kita melakukan diversifikasi ekspor ke sana. Semangat mereka untuk bangun sektor kelistrikan,” tutur Direktur Eksekutif APBI, Supriatna Suhala saat menghadiri acara 19th Annual Coaltrans Asia 2013, Nusa Dua Provinsi Bali, Senin (3/6/2013).

Hingga kini, menurut dia, harga batu bara di pasar global sudah mulai stabil. Dengan adanya kondisi tersebut, mempengaruhi peningkatan produksi batu bara di dalam negeri. “Harga Batu Bara Acuan (HBA) kini US$85 per ton. Cukup stabil meski tahun lalu sempat anjlok,” ujarnya.

Lebih lanjut, Supriatna menjelaskan alokasi produksi batu bara nasional kini lebih mengarah pada produk berkalori rendah (low rank level). Alasannya, karena kondisi cadangan terbukti batu bara dalam negeri hanya mempermudah pengusaha menghasilkan produk low rank level.

Untuk peranan batu bara sebagai sumber pembangkit listrik, pihaknya memaparkan untuk menghasilkan 1.000 mega watt (MW) bagi PLTU, setidaknya diperlukan 3,5 juta ton batu bara.

“Alasan sejumlah negara berkembang khususnya Asia yang memanfaatkan batu bara sebagai sumber energi lantaran berbiaya murah dan cukup efisien dijalankan. Itu pun mereka menyerap produk batu bara berkalori rendah,” ucapnya. [hid]

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: