Skip to content

INDIA ditatap INDY … 130713

Juli 13, 2013

Ekspor batubara Indonesia ke India naik 40%

Oleh Agustinus Beo Da Costa –┬áJumat, 12 Juli 2013 | 17:03 WIB

JAKARTA. Ekspor batubara Indonesia terus bergerak naik. Pada periode 2012-2013, ekspor batubara Indonesia ke India mencapai 77 juta ton. Angka ini naik 40% dari periode di tahun sebelumnya.

“Indonesia telah mempertahankan posisinya sebagai eksportir batubara ke India, dengan volume sekitar 77 juta ton pada periode 2012 sampai tahun 2013 . Angka ini merupakan peningkatkan sebesar 40 % dari tahun 2011-2012” ujar Rizali W. Indrakesuma, Duta Besar Indonesia untuk India sebagaimana dilaporkan Indiatimes.com, Kamis (11/7).

Sebagian besar barubara kalori rendah Indonesia diimpor India untuk kebutuhan energi pembangkit listrik. Besarnya volume ekspor batubara Indonesia, membuat pemerintah berencana mengendalikan angka ekspor tersebut.

Rizali mengatakan, saat ini pemerintah sedang mengevaluasi aturan baru tentang ekspor batubara berkadar rendah pada tahun 2014. Dia bilang, saat ini Indonesia mengekspor sekitar 80% dari produksi batubaranya setiap tahun. Selama ini negara tujuan ekspor Indonesia adalah India, China, Korea Selatan, Jepang dan Taiwan.

Jika itu terus terjadi, kata Rizali, di masa depan Indonesia akan menjadi importir batubara untuk memenuhi kebutuhan domestiknya. Karena itu, Indonesia harus memperketat kendali ekspor batubara untuk jangka panjang.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: