Skip to content

antara po$1t1f n stabil @indy … 250713

Juli 24, 2013

Fitch Revisi Prospek Indika Energy Jadi Stabil
Vega Aulia Pradipta – Rabu, 24 Juli 2013, 17:00 WIB
Bisnis.com, JAKARTA—Fitch Ratings merevisi prospek PT Indika Energy Tbk (INDY) dari positif menjadi stabil, seiring dengan melemahnya arus dividen ke Indika dari operasi yang berkaitan dengan batu bara akibat menurunnya pasar batu bara thermal.

Seperti dikutip dari keterangan resmi, Rabu (24/7/2013), Fitch menegaskan peringkat Issuer Default Rating (IDR) Jangka Panjang dalam mata uang asing dan mata uang lokal Indika di B+, sementara surat utang senior tanpa jaminan Indika ditegaskan di B+ dengan Recovery Rating di RR4.

“Revisi juga memasukkan ekspektasi Fitch bahwa harga batu bara thermal kemungkinan tidak akan membaik secara signifikan dalam jangka 18—24 bulan ke depan,” tulis pengumuman tersebut seperti dikutip, Rabu (24/7/2013).

Fitch berpandangan arus masuk dividen dari PT Kideco Jaya Agung (Kideco) yang merupakan aset yang memproduksi batu bara utama–di mana Indika mempunyai kepemilikan sebesar 46% di sana, akan menurun drastis karena turunnya harga batu bara.

“Sebagai perusahaan holding, Indika bergantung pada dividen dari Kideco dan operasional bisnis lainnya yang sebagian besar terkait dengan industri batu bara,” tulis pengumuman itu.

Adapun tahun lalu dividen dari Kideco sebesar US$207 juta, yang merupakan 63% dari EBITDA konsolidasi Indika. Fitch memperkirakan dividen Kideco turun di bawah US$100 juta pada tahun depan, kecuali terjadi kenaikan harga batu bara yang signifikan.

“Dividen dari Kideco secara historis telah menjadi arus kas masuk utama untuk perusahaan holding dan perkiraan penurunan dividen dapat mengakibatkan free cash flow yang negatif pada level perusahaan holding mulai 2014 ke depan,” tulis pengumuman itu.

Meskipun Fitch memperkirakan pelemahan arus kas masuk ke Indika, Fitch juga berpendapat likuiditas Indika memadai. Indika bermaksud untuk mempercepat pelunasan obligasi yang jatuh tempo pada 2016 sebesar US$230 juta, pada November 2013.

Pembayaran obligasi yang diterbitkan pada 2009 itu akan menggunakan dana dari kas perusahaan. (ra)

Editor : Rustam Agus

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: