Skip to content

indy n kerneL o1l … 160813

Agustus 15, 2013

Indika Energy tak punya hubungan dengan Kernel Oil
Oleh Agustinus Beo Da Costa – Kamis, 15 Agustus 2013 | 22:12 WIB

kontan

JAKARTA. Direktur Utama PT Indika Energy Whisnu Whardana membantah perusahaannya Indika Energy dan anak-anak usahanya memiliki kaitan dengan Kernel Oil Pte. Ltd yang terlibat penyuapan terhadap mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

“Saya masih di Amerika, saya terkejut mendengar kabar ini. Saya juga tidak tahu apa motif orang yang menulis berita. Saya saja baru dengar nama Kernel Oil ini,” ujar Whisnu Whardana kepada Kontan, Kamis (15/8).

Whisnu juga bilang kalau Indika Energy dan anak usahanya tidak pernah terlibat dalam bisnis penjualan minyak mentah yang menjadi bagian negara .

Sebelumnya,Tribunnews.com memberitakan bahwa Kernel Oil Pte Ltd diduga milik anggota Direktur Utama PT Indika Energy Wisnu Wardhana. PT Kernel Oil adalah anak perusahaan dari PT Tripatra yang menginduk kepada PT Indika Energi.

Komisaris Kernel Oil Pte Ltd Simon Tanjaya, diduga melakukan suap kepada Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, dengan nilai ratusan ribu dolar AS. Kini, Simon mendekam di Rutan Guntur KPK.

Selain uang tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menemukan sejumlah uang dari hasil pengembangan perkara suap migas, Rabu (14/8) hingga Kamis (15/8) siang. Uang tersebut ditemukan dalam pecahan dolar Amerika Serikat (AS).

Komite Yakin Suap SKK Migas Tak Terkait Konvensi
Penulis : Indra Akuntono Kamis, 15 Agustus 2013 | 23:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Komite Konvensi Partai Demokrat Rully Charis berkeyakinan pendanaan konvensi calon presiden dari Partai Demokrat berasal dari sumber yang halal. Ia justru menganggap semua pemberitaan miring yang mengarah pada pendanaan tersebut sangat spekulatif dan tak memiliki dasar yang kuat.

“Sangat spekulatif, kita sama-sama tidak tahu siapa sumbernya. Mengomentari tanpa sumber yang jelas sama saja membodohi. Itu hanya berita sumir dan bias,” kata Rully seusai menghadiri rapat internal anggota komite konvensi yang digelar di Wisma Kodel, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Rully mengaku dia mendapat informasi dari sejumlah media massa yang menduga ada kaitan antara kasus suap di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dengan salah satu anggota komite, Wisnu Wardhana.

Namun, Rully mengatakan sejak anggota komite diumumkan, Wisnu belum pernah hadir dalam semua pertemuan. Bahkan, ujar dia, Wisnu juga tak hadir ketika seluruh anggota komite diundang ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas.

Sepengetahuan Rully, Wisnu tak hadir karena tengah berada di Amerika Serikat untuk suatu keperluan. Meski demikian Rully berpendapat dugaan yang mengaitkan Wisnu dengan suap di SKK Migas dan pendanaan konvensi sangat irasional.

“Bahkan kami belum pernah bertemu. Logikanya saja tidak masuk, melewatkan sekian banyak (pihak) hanya untuk memberikan uang ke Demokrat. Ini hanya opini yang dibentuk, irasional,” tepis Rully.

Sebelumnya, mencuat dugaan kasus suap yang melibatkan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini memiliki kaitan dengan Komite Konvensi Partai Demokrat. PT Kernell Oil Pte Ltd yang diduga memberikan suap tersebut, disinyalir dimiliki oleh Wisnu Wardhana, yang merupakan anggota komite tersebut.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: