Skip to content

palak oops pajak BATUBARA muda : 030913

September 3, 2013

Pembeli asal China tunda impor batubara Indonesia
Oleh Agustinus Beo Da Costa – Senin, 02 September 2013 | 23:12 WIB | Sumber Reuters

kontan
Setelah adanya pengumuman pengenaan tambahan pajak impor untuk batubara muda (lignite) atau berkalori rendah oleh pemerintah China, para pembeli di China menahan pembeliannya.
Pasalnya dalam aturan yang efektif sejak 30 Agustus lalu itu belum dijelaskan secara detail mengenai penerapan pajak dan juga kategori batubara muda yang dimaksud. Seperti diketahui bahwa batubara muda sebelumnya tidak dikenai tarif impor.
Pernyataan Kementerian Keuangan China yang menyetujui rencana penerapan tarif lignite itu tidak secara spesifik menyebut grade batubara muda yang dimaksud. “China menandatangani FTA (free trade agreement), dan mereka sudah berjanji menerapkan zero import tarif untuk negara anggota ASEAN. Saya pikir mereka tidak bisa mengubahnya sesuka hati,” tutur salah satu pedagang batubara Shanghai, seperti di kutip Reuters.
Dengan adanya pajak tersebut maka pembeli di China akan terkena biaya tambahan sekitar 8 yuan (US$ 1,31) per ton dari harga batubara muda yang saat ini sekitar US$ 47 per ton. “Kami akan menunggu kejelasan sebelum kami memesan pengiriman lagi,” ujar pedagang dari Guangzhou.
Beberapa perusahaan tambang asal Indonesia yang dikontak Reuters juga mengatakan masih sedang mencari kejelasan mengenai tarif impor baru ini. Seperti diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu penjual batubara muda terbesar ke China.
Sampai dengan Juli 2013 kemarin, ekspor batubara muda dari Indonesia mencapai 97% dari total impor batubara muda China. Secara total, selama tujuh bulan pertama tahun ini, China mengimpor 187 juta ton batubara, dimana sekitar 35,97 juta tonnya adalah batubara muda. Impor batubara muda yang dilakukan China tersebut mengalami kenaikan sekitar 12 % dari tahun sebelumnya.
Langkah China menerapkan pajak impor ini dilakukan setelah asosiasi perusahaan tambang batubara lokal pada Mei lalu melobi pemerintah untuk melarang impor batubara kualitas rendah. Dengan alasan, akan berdampak pada perusahaan tambang lokal.

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: