Skip to content

batU(TAMA)barA … 161013

Oktober 16, 2013

RABU, 16 OKTOBER 2013 | 04:42 WIB
Batu Bara Bakal Jadi Bahan Bakar Utama Global

TEMPO.CO , Daegu:Batu bara akan menggantikan minyak sebagai bahan bakar utama perekonomian global pada 2020, meski pemerintah berupaya mengurangi emisi karbon. Hal tersebut disampaikan firma konsultasi Wood Mackenzie, seperti dilansir situs Reuters, Senin, 14 Oktober 2013.

Peningkatan permintaan di Cina dan India membuat kebutuhan akan batu bara melebihi minyak. Pembangkit tenaga di kedua negara Asia itu nantinya bergantung pada sumber bahan bakar yang lebih murah untuk perekonomian mereka. Adapun kebutuhan atas batu bara di Amerika Serikat, Eropa, dan negara-negara Asia lainnya akan tetap stabil.

Konsumsi batu bara global diprediksi naik 25 persen pada akhir dekade ini, menjadi setara dengan 4.500 juta ton minyak. Jumlah itu lebih tinggi 4.400 juta ton dari angka konsumsi minyak. Woodmac mempresentasikan kondisi tersebut dalam Kongres Energi Dunia atau World Energy Congress.

“Kebutuhan Cina terhadap batu bara memicu pertumbuhan batu bara menjadi bahan bakar global yang dominan,” kata Presiden Pasar Global Woodmac, William Durbin. Cina – yang telah menjadi konsumen besar – diperkirakan berkontribusi terhadap dua per tiga penggunaan batu bara global dalam dekade ini. Menurut Woodmac, separuh pembangkit energi yang dibangun Cina pada 2012 hingga 2020 menggunakan batu bara sebagai bahan bakar.

Cina tidak memiliki alternatif lain untuk menggantikan batu bara. Hasil produksi gas negara itu masih terbatas. Selain itu, impor gas alam cair atau “liquefied natural gas” (LNG) lebih mahal daripada biaya yang harus disiapkan untuk batu bara.

“Bahan bakar terbarukan tidak bisa menyediakan energi untuk kebutuhan utama. Oleh karena itu, batu bara menjadi satu-satunya energi utama,” ujar Durbin.

REUTERS I MARIA YUNIAR

Iklan

From → Seputar Indy

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: